Kisah Sukarno dan Anjingnya yang Nggak Banyak Orang Tau, Ternyata Penyayang Binatang

Ini kisah Sukarno dan anjingnya. Nggak banyak diketahui orang!

Mungkin banyak dari kalian yang belom tau kalo Presiden pertama ini termasuk penyayang binatang. Ini terbukti dengan anjing-anjing yang pernah dimilikinya. 

Sewaktu kecil, Sukarno mempunyai anjing yang bernama Kiar. Bahkan, ia suka tidur dengannya.

Dalam otobiografinya, ia pernah mengungkapkan, "Aku tidur dengan Kiar, suatu campuran dari for terrier dengan anjing jenis Indonesia. Aku tidak tahu pasti, akan tetapi dia bukan jenis yang murni. Orang Islam agaknya tidak menyukai anjing, akan tetapi aku mengaguminya."

Selain itu, ia juga pernah mempunyai 2 anjing sebagai hadiah dari sahabatnya. Waktu itu, Sukarno tengah menjalani hukuman pembuangan di Bengkulu. 

Melansir Historia, sahabatnya yang bernama Jimmy memberi dua anjing ras dachshund. Mereka dikasih nama Ketuk Satu dan Ketuk Dua. 

Sukarno dan anjing (historia.id)

Dalam setahun, Soekarno mengajari Jimmy bahasa Jawa tanpa bayaran. Nah, hadiah 2 anjing itu sebagai ucapan terima kasih. Soekarno sangat menyayangi kedua anjingnya. 

Mereka punya warna yang berbeda. Satunya berwarna hitam, dan yang lainnya berwarna kuning. Sukarno pernah menjadikan dua anjingnya buat menyentil kaum beragama yang kolot serta konservatif. 

Meski menyukai anjing, menurut Pandji Islam edisi Maulid April 1940, Sukarno tetap membersihkan barang yang dijilat oleh anjingnya. Misal, waktu Ratna Djuami panik karena Ketuk menjilati air di panci, Sukarno memintanya untuk membuang air dan mencuci panci sampai bersih dengan sabun dan kreolin. 

anjing daschshund (tribunnews.com)

Ratna heran dengan sikap Sukarno itu. Ia pun menjelaskan perintah Nabi kalo najis perlu dibasuh 7 kali, diantaranya 1 kali dengan tanah. 

Setelah masa pengasingan Sukarno berakhir di Bengkulu, ia lalu dikembalikan ke Batavia. Saat kembali ke sana, dua anjingnya pun ikutan. 

Wah, ternyata Sukarno penyayang binatang ya! Gimana menurut kalian gengs?

Presiden Soekarno (republika.co.id)