Ini Daftar Negara Yang Siap Buka Tempat Wisata Untuk Umum Di Tengah Pandemi Covid-19

Biar bisa liburan sekaligus menghidupkan lagi industri pariwisata, empat negara ini siap buka objek wisata untuk umum~

Meski corona masih merajalela, beberapa negara rupanya telah siap membuka tempat wisata untuk umum. Walau belum bisa sebebas dahulu, masyarakat yang sudah berani bepergian, sudah bisa mengunjungi beberapa objek wisata. 

Berikut daftar negara yang merencanakan dan resmi membuka tempat wisata untuk para traveler~ 

Spanyol

Mulai 1 Agustus 2020, rencananya Kepulauan Canary di Spanyol akan membuka kembali tempat wisata, tapi khusus turis domestik. Kalau wisman sih perkiraannya bisa datang mulai bulan Oktober. Beberapa pantai di Spanyol pun dikabarkan akan mulai buka pada pertengahan Juni. 

Kroasia

Di musim panas ini, Kroasia juga punya rencana untuk membuka objek wisata mereka. Ini demi menyelamatkan industri pariwisata di negaranya. Menurut keterangan Menteri pariwisata Kroasia Gari Cappelli, pembukaan tahap pertama meliputi perkemahan marina dan hotel di daerah terpencil. Meski belum pembukaan besar-besaran, setidaknya wisatawan bisa staycation sambil isolasi mandiri di tempat yang menyenangkan~ 

Yunani

Rencananya, Yunani akan membuka tempat wisata mulai 1 Juli 2020. Ini pun kalau uji coba pemerintah sesuai rencana. 

Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, mengatakan kalau pengalaman wisata di musim panas ini mungkin beda dari sebelumnya. Mungkin, bar belum dibuka, pun belum boleh ada kerumunan. Tapi wisatawan masih bisa menikmati summer holiday yang cukup menyenangkan. 

Nggak sembarang menerima wisatawan. Mereka membuat beberapa aturan, seperti memantau wisatawan mancanegara (wisman). Jadi, para wisman akan diminta mengisi formulir kesehatan, bahkan sampai data nomor bangku pesawat biar memudahkan pelacakan kalau-kalau nantinya dibutuhkan. 

Kalau udah sampai di Yunani, wisman akan menjalankan tes Covid-19. Kalau emang terbukti negatif, bisa keluar rumah sakit nggak sampai 12 jam dan menikmati liburannya~ 

China

Menurut laporan media lokal China, empat tempat wisata di Beijing dibuka mulai 1 Mei 2020. Ini termasuk Forbidden City,  Summer Palace, Temple of Heaven, dan Museum Nasional China. Menyusul beberapa tempat wisata lainnya segera dibuka untuk umum. 

Bahkan, Disneyland Shanghai juga sudah dibuka mulai 11 Mei 2020 lho dan tiket pertama yang dijual  langsung ludes dibeli pengunjung. 

Setiap wisatawan akan diminta mendaftar pakai kartu identitas dan melakukan scan QR code kesehatan. Selain itu, akan dilakukan juga pengukuran suhu tubuh dan wajib pakai masker. Biar pengunjung nggak membludak, kapasitas per hari pun dibatasi.