Bangunannya Keren Banget! Yuk Berwisata Religi Ke Masjid-Masjid Unik dan Megah di Indonesia~

Daftar masjid dengan bangunan unik yang ada di berbagai daerah di Indonesia~

Selain jadi tempat beribadah bagi umat Muslim, masjid juga banyak dikunjungi orang untuk berwisata religi. Ya, soalnya memang banyak banget masjid dengan arsitektur unik yang memang menarik untuk didatangi. 

Di Indonesia sendiri ada banyak masjid-masjid yang terbilang unik dan menarik. Berikut beberapa di antaranya…. 

Masjid Amirul Mukminin yang dikenal dengan masjid terapung ini unik banget dan jadi bangunan ikonik di Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid megah yang berada di kawasan Pantai Losari ini terdiri dari tiga lantai dan berkapasitas 500 orang. Cantik banget bangunannya dan bisa jadi tempat buat menikmati keindahan pantai~ 

Kalau di Semarang ada Masjid Safinatun Najah yang dikenal dengan nama Masjid Kapal. Bentuknya emang menyerupai sebuah kapal yang filosofinya menyerupai kapal Nabi Nuh yag pada saat itu diperintahkan Allah SWT untuk menyelamatkan umatnya dari bencana banjir. 

Di Bandung, ada masjid unik yang bentuknya kubus. Padahal filosofinya keren banget lho! Jadi garis-garis yang mengelilingi masjid ini jadi representasi tawaf ketika mengelilingi kabah. 

Di dinding masjid juga terdapat dua kalimat syahadat. Masjid ini terpilih sebagai bangunan terindah sedunia tahun 2010 oleh National Frame Building Association dengan kategori Religious Architecture Building of The Year.

Selanjutnya ada masjid rasa kelenteng di Surabaya. Yup, Masjid Muhammad Cheng Ho ini emang identik dengan bangunan khas Tionghoa ya?  Memang masjid ini dibuat untuk mengenang Laksamana Cheng Ho atau biasa disebut Sam Poo Kong yang menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Masjid Tiban Turen di Malang ini super keren dan megah! Bisa dilihat arsitekturnya yang sangat kental nuansa Timur Tengah, kan? Banguna utama masjid ini ada 10 lantai dan di sampingnya ada kebun binatang mini plus ada kolam renangnya!

Selanjutnya ada Masjid Raya Sumatera Barat yang nggak kalah keren! Masjid yang ada di Padang ini pun bangunannya sangat modern. Di bagian luarnya, terdapat kaligrafi dan motif kain songket. Bangunannya pun dibuat tahan gempa lho!