Deretan Lalapan Khas Sunda Yang Bikin Nafsu Makan dan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Suka makan lalapan? Ternyata lalapan tuh nggak cuma enak tapi sehat lho. Cari tahu apa aja lalapan yang bisa kamu cobain~

Orang Sunda tuh identik kalau makan pasti ada sambel dan lalapan. Nah, untuk lalapan ini bisa apa aja sih, dari sayur atau dedaunan. Makannya bisa mentah atau dikukus sebentar. Kalau udah nasa anget, ikan asin atau ayam goreng, sambel, dan lalapan tuh dijamin nafsu makan meningkat deh! 

Ternyata nggak cuma bikin selera makan bertambah, lalapan ini tuh sehat banget lho. Apalagi kan nggak dimasak berlebih. Kalaupun dikukus pun cuma sebentar, kebanyakan malah langsung dimakan aja tanpa melewati proses pemasakan. 

Lalapan bisa jadi alternatif buat yang nggak suka makan sayur nih! Yuk cari tahu apa aja sih jenis lalapan yang bisa kamu cobain~ 

Kecipir bisa dikukus atau makan langsung. Lalapan ini mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan, metabolisme, dan bisa ngatur kadar kolesterol dalam tubuh. 

Lalapan (Bellybutterfly.wordpress.com)

Lalapan sehat lain adalah labu siam, kalau yang ini biasa dikukus sebentar ya. Labu bagus banget buat penambah darah karena mengandung vitamin B2 dan zat besi. Pas dikonsumsi sama yang punya anemia. 

Lalapan (Cookpad.com)

Pilihan lalapan lain adalah selada air. Kandungan antioksidan, vitamin A, C, dan K dalam selada air pastinya bagus banget untuk kesehatan, bisa bantu ngurangin berat badan juga lho~ 

Lalapan (blog.elevenia.co.id)

Kalau mentimun sih udah jadi lalapan paling umum ya dan pas banget untuk cocolan sambal. Nah, timun ini juga punya khasiat untuk melancarkan pencernaan, mengandung antioksidan tinggi, dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung. 

Lalapan (Zakizi-snack-catering.blogspot.com)

Siapa suka makan kemangi? Daun kecil ini punya wangi khas dan enak banget deh dimakan pakai sambal. Kemangi ini bisa nyembuhin sariawan sampai ngobatin radang sendi lho. 

Lalapan (hellosehat.com)

Terus ada lagi nih, namanya leunca. Bentuknya bulat-bulat kecil warna hijau. Bisa dimakan langsung, dioseng, atau dicampurin ke sambel. Kecil-kecil gini khasiatnya bisa mencegah hipertensi dan  meningkatkan kesuburan lho.

Lalapan (Cookpad.com)

Yang ini namanya daun tespong dan diyakini bisa nambah stamina. Rasanya juga segar dan enak buat dimakan mentah-mentah. Tespong juga bisa melancarkan sirkuasi darah jadi tubuh lebih segar dan bugar. 

Lalapan (Gramho.com)

Terakhir ada terong hijau bulat yang lebih umum buat dijadiin lalapan, dibanding terong ungu ya. Terong ini enak banget dimakan mentah-mentah karena teksturnya renyah. Khasiatnya sendiri banyak banget, dari menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar kolesterol, sampai mencegah kanker. 

Lalapan (cookpad.com)