Perilaku Seorang Introvert yang Malah Semakin Memperburuk Kondisi Mental

Seorang introvert kadang malah memiliki perilaku yang malah memperburuk kondisi mental mereka. Sebaiknya dihindari saja gengs.

Setiap orang pasti memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Salah satunya adalah tipe kepribadian introvert yang cirinya lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri alih-alih dengan keadaan sosial di sekitarnya. 

Agar berfungsi secara normal di dalam masyarakat, seorang introvert harus mengembangkan sejumlah perilaku khusus tertentu. Tetapi kadang perilaku yang mereka pilih justru malah semakin memperburuk kondisi mental mereka. Perilaku apa saja yang harus dihindari seorang introvert gengs? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Sering membuka media sosial

Dengan seorang introvert terlalu sering membuka media sosial, mereka akan memandang hal-hal di media sosial menjadi sesuatu yang semakin sulit dijangkau. Keinginan untuk bisa terlihat seperti orang lain sangatlah sulit bagi mereka. Ini yang menyebabkan beban mental semakin besar, awalnya terlihat biasa saja tetapi lama kelamaan dapat memicu stres dan depresi.

Perilaku introvert yang justru semakin membebani mentalnya (en.tempo.co)

2. Overthinking

Introvert juga memiliki kecenderungan memikirkan hal-hal yang tidak dapat ia kendalikan, biasanya saat mereka mulai berbicara pada diri sendiri. Semakin banyak hal maka akan semakin banyak pula yang dipikirkan. Selanjutnya ia akan menjadi sangat pusing dan stres menghadapi pikirannya sendiri jika tidak bisa dikendalikan.

Perilaku introvert yang justru semakin membebani mentalnya (indozone.id)

3. Memaksakan untuk bergaul

Berfungsi normal secara sosial tidak selamanya harus dipaksakan. Semisal dalam kondisi lingkungan baru yang mengharuskannya untuk berinteraksi lebih. Namun mau tidak mau harus dilakukan karena situasi dan kondisi yang mendesak. Bagi orang lain terlihat sepele, namun bagi seorang introver hal semacam ini menjadi beban mental yang besar.

Perilaku introvert yang justru semakin membebani mentalnya (business2community.com)

4. Menjadi people pleaser

Meski memilih untuk menyendiri, sebenarnya introvert sangat senang jika ada orang lain merasa nyaman dan bisa bergaul dengan mereka. Setelah itu introvert cenderung akan berusaha maksimal agar bisa membangun komunikasi yang lebih menyenangkan. Namun memaksakan diri seperti ini justru membuat seorang introvert menjadi kelelahan dan terbebani.

Perilaku introvert yang justru semakin membebani mentalnya (goodencenter.org)

5. Mencoba untuk menjadi pemimpin

Secara alamiah intovert akan lebih suka mendorong orang lain untuk memimpin daripada harus mengajukan diri. Berbicara di hadapan orang banyak dan mengatur orang lain bagai sebuah mimpi buruk dan beban mental terbesar dalam hidupnya. Tak semua orang harus menjadi pemimpin, pengikut yang supportif juga penting dalam interaksi sosial.

Perilaku introvert yang justru semakin membebani mentalnya (marker.medium.com)