Pesawat Tempur Paling Canggih yang Dimiliki Sejumlah Negara Militer Adidaya

Pesawat tempur menjadi simbol superioritas militer sebuah negara. Berikut adalah daftar senjata udara paling canggih dari masing-masing negara adidaya.

Pesawat tempur merupakan salah satu alutsista penting yang bisa menentukan situasi perang. Setiap negara adidaya militer berlomba-lomba untuk membuat pesawat tempur yang paling canggih di angkasa.

Sejarah keberadaan pesawat tempur terhitung sejak perang dunia pertama hingga sekarang telah menghasilkan ratusan model dengan tingkat kecanggihan masing-masing. Penasaran kan seperti apa pesawat tempur paling canggih yang saat ini dimiliki negara-negara adidaya militer.

1. Chengdu J-20 - Tiongkok

Tiongkok merupakan negara adidaya militer terbaru di dunia. Mereka saat ini memiliki pesawat tempur buatan dalam negeri yang diberi nama Chengdu J-20. Pesawat ini diklaim merupakan salah satu jet tempur terbaik di dunia. Bahkan pihak militer Tiongkok mengklaim bahwa pesawat buatan mereka ini lebih canggih daripada pesawat tempur buatan Amerika Serikat.

Pesawat tempur paling canggih yang dimiliki negara adidaya militer (wikipedia.org)

2. Eurofighter Typhoon - Eropa

Eurofighter Typhoon adalah salah satu jet tempur paling disegani di dunia. Dirancang sebagai jet tempur yang mudah dikendalikan, Typhoon dapat bermanuver dengan sangat baik dalam menghadapi jet tempur musuh. Jet tempur buatan Airbus hasil kerjasaman 4 negara Eropa ini banyak digunakan oleh negara- negara Eropa seperti Italia, Swedia, Prancis, Austria, Inggris, dan masih banyak lagi.

Pesawat tempur paling canggih yang dimiliki negara adidaya militer (nationalinterest.org)

3. Lockheed Martin F-35 Lightning II - Amerika Serikat

Tidak bisa dipungkiri jika militer atau angkatan bersenjata terkuat di dunia saat ini masih milik Amerika Serikat, dan mereka memiliki banyak teknologi canggih untuk melengkapi persenjataan militer mereka. Tentu saja AS memiliki jet tempur super canggih yang bernama Lockheed Martin F-35 Lightning II. Selain memiliki kecepatan supersonik, pesawat ini juga tidak dapat dideteksi oleh radar konvensional.

Pesawat tempur paling canggih yang dimiliki negara adidaya militer (military.com)

4. Mitsubishi X-2 Shinshin - Jepang

Jepang tidak mau kalah dalam membuat pesawat tempur canggih. Mitsubishi X-2 Shinsin merupakan salah satu produk militer Jepang, yang diprediksi dapat menggantikan pesawat tempur F-22 raptor buatan Amerika yang telah digunakan Jepang selama beberapa tahun belakangan. Sebetulnya pada awalnya X-2 Shinshin bukanlah jet tempur, melainkan hanya produk militer percobaan Jepang.

Pesawat tempur paling canggih yang dimiliki negara adidaya militer (asianewsa.blogspot.com)

5. Sukhoi Su-57 - Rusia

Selain Amerika Serikat, Rusia memang sudah lama menjadi negara dengan angkatan bersenjata yang disegani di dunia. Angkatan udara mereka juga dilengkapi dengan salah satu jet tempur terbaik dan tercanggih di dunia, Sukhoi Su-57. Laman Militaryfactory.com menulis bahwa jet tempur andalan Rusia ini termasuk sebagai jet tempur yang paling ditakuti di dataran Eropa.

Pesawat tempur paling canggih yang dimiliki negara adidaya militer (rbth.com)