Hati-hati! Tak Semua Ikan Bisa Dimakan, Ada yang Sangat Beracun

Sejumlah ikan mengandung racun di dalam tubuhnya. Jadi tak semua bisa dimakan yang gengs, harus hati-hati dalam memilih.

Beberapa waktu lalu sebuah keluarga di Banyuwangi harus meninggal dunia karena mengkonsumsi salah satu ikan yang beracun tinggi. Yakni ikan buntal atau puffer. Ikan tersebut adalah hasil tangkapan salah satu anggota keluarga tetapi tidak tahu cara mengolahnya.

Memang bagaimana sih racun dari ikan puffer ini sehingga bisa menghilangkan nyawa orang? Lantas apakah ada jenis ikan lain yang harus kita waspadai gengs? Tentu saja ada, maka dari itu simak daftarnya di bawah ini ya.

1. Ikan Buntal

Ikan buntal atau puffer dikenal karena kemampuannya mengembangkan diri menjadi seperti bola. Mereka memiliki kulit keras dengan tubuh berduri yang sanggup membuat kamu berdarah. Tapi bukan itu masalahnya, ikan buntal juga beracun. Racunnya bahkan 1.200 kali lebih kuat dari sianida yang akan membuat manusia mana pun tumbang.

Ikan beracun yang tak semestinya kita konsumsi (sciencenews.org)

2. Manta Atlantik

Manta Atlantik memiliki sirip yang melebar seperti sayap. Sedangkan dibagina belakan ikan ini terdapat ekor seperti cambuk berduri yang menyengat dan dipenuhi racun. Kamu tidak boleh berada terlalu dekat dengan ikan ini, karena mereka tidak segan untuk menyerang siapa pun atau apa pun dengan ekor cambuknya.

Ikan beracun yang tak semestinya kita konsumsi (oceana.org)

3. Lionfish Merah

Ketika merasa terancam, ikan Lionfish merah akan menyebarkan siripnya jadi lebih besar dan menyerang siapa pun. Nah dari sirip dan duri luar ini lah racun ikan ini berada. Meski jarang berakibat fatal tapi racun seekor lionfish merah dalam jumlah lumayan banyak akan membuat kamu kesakitan, sesak bernafas, dan kelumpuhan jika tidak ditangani segera.

Ikan beracun yang tak semestinya kita konsumsi (flickr.com)

4. Stonefish

Stonefish, sesuai dengan namanya sekilas memang memiliki tampilan menyerupai batu dan sering berada di antara bebatuan yang membuatnya jadi sulit terlihat. Stonefish sangatlah berbahaya karena memiliki duri beracun. Ketika diinjak, ikan ini akan menyuntikkan racun ke tubuh dan memberikan rasa sakit yang luar biasa.

Ikan beracun yang tak semestinya kita konsumsi (diving-indo.com)

5. Belut Moray

Belut Moray adalah apex predator di wilayah koral lautan dangkal. Dan seperti apex predator lain, ikan ini bisa beracun ketika dikonsumsi. Jenis racun yang dimiliki Moray adalah cigautera. Gejala keracunan cigautera adalah diare, muntah, pegal-pegal, gatal, sensitif terhadap suhu panas dan dingin, lemas, serta pusing kepala.

Ikan beracun yang tak semestinya kita konsumsi (wikipedia.org)