Selain Mozarella, Ini 7 Jenis Keju Yang Super Gurih Dan Legit

Mengenal jenis-jenis keju yang ada di dunia selain mozarella. Kira-kira mana yang paling enak ya?

Salah satu produk olahan susu yang banyak dikonsumsi adalah keju. Di Indonesia sendiri banyak banget makanan dan minuman yang menggunakan keju. Dari martabak, roti, mie instan, cake, sampai minuman dengan cream cheese. 

Kamu mungkin udah kenal sama mozarella, si keju meleleh yang bikin ngiler. Tapi tau nggak sih kalau jenis keju tuh ada banyak banget lho, bisa dibedakan dari segi tekstur, bahan, pembuatan, dan rasa. 

Yuk cari tahu jenis-jenis keju~ 

Cheddar

Jenis keju yang satu ini bisa dibilang paling populer di Indonesia. Dengan harga terjangkau, siapa aja bisa menikmati keju jenis ini. Ada yang berwarna kuning pucat dan agak oranye, cheddar biasanya jadi topping kue atau isian roti. Teksturnya agak kerasa dan nggak gampang meleleh. 

Keju (Lehmans.com)

Parmesan

Parmesan alias Parmigiano Reggiano merupakan jenis keju paling yang dianggap paling enak dan berkualitas tinggi. Keju parmesan dibuat dari susu sapi dan teksurnya keras, berpasir, serta berlubang-lubang. Butuh waktu satu tahun buat keju ini sampai matang sempurna. Parmesan biasanya jadi diparut jadi taburan untuk makanan kayak pasta atau pizza. 

Keju (Sheridanscheesemongers.com)

Edam

Keju Edam ini asalnya dari Belanda dan tampilannya dari luar mirip apel. Ya, keju yang bentuknya bulat ini bagian luarnya dibungkus lapisan lilin warna merah. Nah, kalau teksturnya edam ini lebih lembut dan rasanya agak asin. Kalau di luar negeri, edam biasa dimakan langsung sebagai cemilan saat minum anggur. Di Indonesia, edam biasanya diparut dan jadi topping kue kering. 

Keju (Heavenly-holland.com)

Raclette

Kalau kamu suka keju yang lumer, bisa cobain yang namanya raclette. Uniknya, di restoran-restoran tuh keju ini biasa disajikan langsung di depan tamu. Jadi bisa langsung liat gimana keju yang asalnya keras, dipanasin, meleleh, dan langsung dituangin ke piring steak. Yumm! 

Keju (Londonist.com)

Ricotta cheese

Keju ricotta ini teksturnya halus dan lembut. Dibuat dari susu sapi murni, proses pengolahannya mirip sama mozarella. Biasanya udah dijual dalam bentuk menyerupai krim dan jadi topping dalam dessert atau makanan kayak pasta. 

Keju (Foodnetwork.com)

Feta

Feta cheese ini asalnya dari Yunani dan dibuat dari susu kambing. Keju feta yang dibuat secara tradisional biasanya teksturnya lebih kering dan aromanya lebih kuat. Feta biasa dicampur dalam salad, bahan kue, isian sandwich, atau topping pizza dan taco.

Keju (Greekboston.com)

Mascarpone

Mascarpone ini keju khas Italia yang dibuat dari susu krim kental dengan campuran asam sitrat. Kejunya super lembut dan tinggi lemak. Biasanya keju ini jadi campuran dalam minuman cokelat atau kopi. Bisa juga jadi topping cake atau tambahan dessert buah-buahan. 

Keju (Thecookierookie.com)