Penemuan dari Zaman Kuno yang Belum Bisa Dijelaskan Ahli Masa Sekarang

Dari zaman kuno, ditemukan beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan keberadaanya oleh ahli modern. Apa saja penemuan tersebut?

Apa yang ada di sekeliling kita ini adalah produk dari masa lalu yang mengalami perubahan. Maka dari itu kita bisa menelusuri asal mula suatu hal tertentu dan bagaimana keberadaanya di masa lampau.

Herannya ada beberapa hal di masa lampau yang tidak ditemukan hubungannya dengan masa kini. Sehingga para ahli tidak bisa menjelaskan apa gerangan penemuan tersebut. Berikut ini adalah beberapa penemuan dari zaman kuni yang membuat ahli di masa sekarang pusing kepala.

1. Garis Nazca

Penemuan ini terletak di sebuah kota kecil di tengah padang gurun Peru. Ia berupa garis-garis gigantik di atas tanah yang membentuk pola tertentu. Ada burung, monyet, bahkan laba-laba. 

Beberapa teori menyebutkan ukiran tersebut dibuat oleh alien atau dilakukan oleh peradaban kuno yang memiliki pekerjaan mirip astronot, tetapi para peneliti tidak sepakat dengan teori yang ditawarkan.

Peneliti menyarankan bahwa Garis Nazca terhubung dengan astronomi, sementara teori-teori baru-baru ini berpendapat bahwa mereka digunakan untuk meminta hujan dari para dewa.

Penemuan dari masa lalu yang tidak bisa dijelaskan ahli (steemit.com)

2. Naskah Voynich

Naskah kuno ini berisi tulisan tangan dan beberapa diagaram dalam sistem penulisan yang tidak dikenal. Setelah diteliti di lab, Naskah Voynich bertanggal karbon pada awal abad ke 15.

Naskah Voynich telah dipelajari oleh banyak ahli kriptografi profesional dan amatir, termasuk pembuat sandi Amerika dan Inggris dari Perang Dunia I dan Perang Dunia II . Naskah itu tidak pernah dibuktikan secara jelas, dan misteri makna serta asal-usulnya telah menggairahkan imajinasi populer, menjadikannya subjek novel dan spekulasi. 

Baru-baru ini, kecerdasan buatan menyarankan kata-kata itu ditulis dalam bahasa Ibrani dalam kode (seperti yang juga telah diusulkan oleh para ahli sebelumnya), tetapi penelitian itu hanya mampu mencocokkan 80 persen dari kata-kata dengan bahasa Ibrani, dan bahkan kemudian menghasilkan kalimat yang tidak koheren.

Penemuan dari masa lalu yang tidak bisa dijelaskan ahli (exsdee.com)

3. Dataran Guci

Di Negara Laos terdapat sebuah padang luas yang secara aneh berserakan batu-batu berukuran sedang hingga besar. Kenapa aneh, karena batu tersebut berbentuk guci untuk menyimpan air. 

Totalnya bisa sampai ratusan dan ada beberapa yang masih memiliki penutup yang juga terbuat dari bati. Hanya saja penduduk setempat tidak mengetahui secara pasti dari mana asal guci batu tersebut. 

Mereka hanya mengandalkan mitos bahwa dulu ada ras raksasa yang menggunakan guci-guci tersebut sebagai tempat menyimpan anggur beras yang mereka minum saat berhasil mengalahkan musuh-musuh mereka. 

Saat perang Vietnam - AS, bom asal AS ternyata juga mencapi dan masih tersebar di beberapa daerah tersebut. Terdapat 262 juta bom cluster yang dijatuhkan, sekitar 80 juta tidak meledak. Karena berbahaya hanya tujuh dari 60 situs Plain of Jars yang terbuka untuk umum.

Penemuan dari masa lalu yang tidak bisa dijelaskan ahli (lifepart2.com)

4. Paracas Candelabra

Selain Garis Nazca, Peru juga memiliki lukisan gigantik lain dan yang ini terlukis di sisi sebuah bukit. Paracas Candelabra memiliki ukutan sepanjang 600 kaki dan dibuat sekitar 200 SM, tetapi tidak ada yang yakin apa yang diwakilinya. 

Beberapa ahli mengatakan bahwa artefak ini dibuat sebagai penghargaan untuk Viracocha, dewa ciptaan suku Inca. Ada juga yang percaya jika gambar ini adalah representasi jimsonweed, sebuah tumbuhan halusinogen dan akan menarik orang-orang yang mengambilnya. 

Kapan Candleabra dibuat tidak ada yang tahu. Hanya saja arkeolog menemukan sejumlah guci berserakan di sekitar situs dan diketahui guci tersebut merupakan buatan masyarakat Paracas.

Penemuan dari masa lalu yang tidak bisa dijelaskan ahli (wikipedia.org)

5. Mekanisme Antikythera

Membayangkan masyarakat Yunani kuno memiliki sebuah benda yang memili kerumitan mekanik tentu sangat aneh. Tetapi itu yang justru ditemukan di Pulau Antikythera Yunani, sebuah alat yang terlihat datang tidak dari zamannya.

Penemuan ini kemudian memicu teori bahwa benda tersebut pasti berasal dari alien. Meski sebagian besar peneliti tidak mendukung teori itu, mereka masih tidak yakin bagaimana orang Yunani berhasil membuat alat yang jauh lebih maju daripada apa pun yang kita lihat di era itu.

Akhirnya teori paling bisa dipercaya adalah masyarakat Yunani kuno memang berhasil menciptakan alat tersebut dan menggunakannya untuk menghitung banyak hal. Seperti posisi astronomi, gerhana, kapan waktu Olimpiade dan sebagainya.

Penemuan dari masa lalu yang tidak bisa dijelaskan ahli (wikipedia.org)