5 Kelebihan dari Orang Sok Tahu, Percaya Diri yang Utama

Yuk, belajar dari orang 'sok tahu'. Karena sesungguhnya belajar dari yang negatif bisa menemukan sisi positif.

Tong kosong nyaring bunyinya. Begitu kata pepatah lama. Semua bisa ditimpali sama orang sok tahu. Padahal belum tentu bener, malah banyak salahnya. 

Orang bijak pun pernah berkata. Nggak semua hal negatif itu buruk. Bahkan, orang 'sok tahu' pun bisa dijadikan tempat belajar. Bukan meniru ya. Tapi justru karena dari kekurangan kita akan tahu kelebihannya apa.

1. Fokus pada satu hal

Orang sok tahu suka dengan hal-hal yang menyibukkan. Semua mendapat perhatian, sampe fokusnya adalah mencari kesibukan. Padahal kesibukan yang kosong. Pengetahuan yang dangkal. Ini bisa jadi pijakan belajar.

Fokus pada satu hal itu lebih baik. Daripada sok sibuk tapi nggak tahu apa-apa. Mending fokus pada satu hal, tapi mendalam.

2. Tahan kritikan

Orang sok tahu seringnya emosian kalo kena kritikan. Karena ngerasa dirinya paling benar, paling pintar. Makanya ngerasa nggak butuh kritikan.

Pelajarannya, tahan kritikan itu penting. Bertahan bukan berarti menangkal. Tapi menyerap. Serap kritikan yang membangun. Kalo kritikan menjatuhkan mah biar aja jatuh ke dalam lumpur dan tenggelam dimakan belut. 

Source: Yourtango.

3. Punya ingatan yang bagus

Orang sok pintar ingat apa yang diambil dari orang. Kalo pemikiran yang orisinil sih bisa dipertanyakan. Dia lebih sering ngutip pikiran orang. Tapi ingatannya bagus.

Nah, ingatan yang baik bisa dipakai pelajaran. Karena seseungguhnya karya pemikiran itu berangkat atau berpijak dari refleksi peristiwa yang telah terjadi. 

4. Pandai mengambil kesempatan

Kesempatan ngomong terus selalu diambil orang sok tahu. Maunya ngomong terus dan yang lain mendengarkan ceramah. Mereka pandai mengambil kesempatan.

Pandai mengambil kesempatan penting buat dipelajari. Nggak mudah lho membaca kesempatan itu. Belajarlah dari pola 'orang sok tahu' memotong dan menyambung obrolan. 

5. Percaya diri

Yakin deh, kalo 'orang sok tahu' nggak punya kepercayaan diri yang tinggi mesti milih diem. 

Kepercayaan diri yang tinggi ini penting untuk dimiliki. Dari belajar pada orang lain, bahkan 'orang yang sok tahu'. Maka bisa menambah kepercayaan diri. Tentu saja jika kita selalu upgrade pengetahuan. Kalo pengetahuan stuck, ya sama aja. 

Yuk, belajar dari yang negatif untuk memperoleh hal positif. Inget prinsip magnet? Kutub utara dan selatan saling bertolah belakang. Tapi punya daya tari-menarik.  

Source: Steemit.