Mengenali 7 Jenis Kuas Makeup Yang Bikin Dandan Lebih Gampang Dan Rapi

Bingung mau beli kuas apa aja buat belajar dandan? Kenali dulu jenis-jenis dan fungsinya~

Salah satu alat penting buat makeup adalah brush alias kuas. Dengan menggunakan bantuan brush, riasan bisa diaplikasikan lebih mudah dan hasilnya pun rapi. Tapi brush pun bentuknya beragam banget sesuai fungsi. Buat kamu yang masih pemula, setidaknya coba mengenali jenis-jenis brush dulu yuk! 

Foundation Brush

Jenis foundation satu ini bulu-bulunya cenderung padat dan bagian atasnya datar. Paling enak buat mengaplikasikan alas bedak yang cair atau krim.  Cara pakainya bisa dengan gerakan memutar ke seluruh wajah sampai nge-blend sempurna. Enaknya brush tuh produk makeupnya nggak banyak menyerap kayak pakai spons. 

Jenis kuas makeup (Beautybay.com)

Concealer Brush

Kalau brush untuk concealer ini biasanya berukuran lebih kecil, mirip kayak kuas eyeshadow. Bikin pengaplikasian concealer di bawah mata atau nutupin noda-noda kecil kayak bekas jerawat atau tanda lahir jadi lebih mudah dan fokus di area kecil. 

Jenis kuas makeup (Tartecosmetics.com)

Powder Brush

Nah, powder brush ini biasanya yang kuasnya paling besar dan gemuk. Biasanya buat pakai bedak tabur buat nge-set makeup biar nggak terlalu medok. Buat yang suka pakai bedak tebal sih nggak akan cocok ya pakai brush ini karena fungsinya emang biar bedak lebih menyebar dan jadinya tipis-tipis.

Jenis kuas makeup (My.avon.co.za)

Eyeliner Brush

Buat mengaplikasikan eyeliner cream atau gel, kamu akan butuh brush kayak gini. Bentuknya kecil dan bagian atasnya tuh agak miring. Biasanya bulu-bulunya lebih padat dan agak keras, jadi lebih gampang bikin garis di kelopak mata.

Jenis kuas makeup (Japonesque.com)

Mascara Wand

Kuas yang biasa disebut spoolie ini fungsinya bisa buat nyisir alis biar lebih rapi atau untuk pakai mascara di bulu mata. Kamu juga bisa pakai mascara wand ini buat nyisir bulu mata setelah pakai mascara biar nggak ada yang menggumpal atau kelihatan tebal.

Jenis kuas makeup (Qosmedix.com)

Blush Brush

Mungkin agak susah ya bedain blush brush sama powder brush. Cuma, blush brush ini biasanya nggak setebal dan segemuk powder brush. Jadinya lebih pas buat pakai blush on di area pipi. Kalau ukurannya lebih kecil, bisa juga buat pakai highlighter. 

Jenis kuas makeup (Sociolla.com)

Fan Brush

Kuas yang satu ini bentuknya mirip kipas, pipih, dan tipis. Biasa dipake buat mengaplikasikan highlighter di tulang pipi, bagian atas bibir, dan sedikit di area dagi. Tapi bisa juga dipake buat bersihin area sekitar mata setelah pakai eyeshadow buat ngilangin powder yang mungkin tumpah-tumpah ke area wajah lainnya. 

Jenis kuas makeup (Tartecosmetics.com)