11 Cara Membangun Kepercayaan Diri, Nggak Perlu Minder Lagi Sama Kemampuan Sendiri

Kepercayaan diri mendapat posisi penting dalam hidup. Masih sering minder? Jangan, cek caranya biar enggak rendah diri.

Enggak jarang kalau ngerasain minder. Apalagi saat masuk ke lingkungan baru. Sebenernya nggak sulit juga untuk membangun kepercayaan diri. Kuncinya, kamu. 

Motivasi percaya diri datangnya dari diri sendiri. Kalau tergerak menjadi manusia berkualitas. Serta menghargai kemampuan diri, maka bacalah 11 cara membangun kepercayaan diri. Enggak cuma baca ya. Lakukan dengan mengubah mind set dan hal sederhana lain. 

1. Punya sumber semangat

Semangat adalah keberangkatan awal. Ketika punya semangat, maka akan dengan penuh energi melewati perasaan rendah diri. 

Ketika bersemangat, maka kamu punya energi untuk menyiapkan segala sesuatunya. Misalnya, sebelum masuk kuliah pertama, menyiapkan apa yang mau dipakai. Cara berpakaian akan meningkatkan kepercayaan dirimu. 

Trus kalo nggak punya semangat, bawaannya tergesa. Nggak punya persiapan.  

Berpakaian yang baik juga akan mendapat kesan baik dari orang lain. Yang penting, tampilan dulu deh. Trus selanjutnya kamu bisa merubah pola pikir yang lain.

2. Memulai dari pagi

Bayangkan seolah seperti matahari. Mulai dari terbit hingga terbenam. Jika punya rencana, mulailah berpikir positif pada pagi hari. Buang jauh pikiran negatif. 

Source: Time.

3. Mengenali bakat

Setiap orang punya bakat yang berbeda-beda. Ini penting banget kamu lakukan. Kenali bakatmu. Kalo punya bakat pidato depan kelas, manfaatkan dan kembangkan. Jika suka menulis, lakukan yang terbaik dan banyak-banyak belajar. 

4. Kenali juga kelemahan

Kelemahan menyeimbangkan bakat. Agar tidak culas dan gegabah. Kamu perlu mengenali kelemahanmu. Bakatmu yang lain akan menambal kelemahanmu. 

Ketahuilah, bahwa manusia nggak ada yang sempurna. Kelemahan perlu diakui. Bakat perlu diasah. 

5. Membandingkan bikin semakin rendah diri

Setiap orang punya kelemahan dan kelebihan berbeda-beda. Satu orang dan orang lain nggak bisa diperbandingkan. Biasanya sih, kalo nggak pede kamu bakal nyari pembanding. Dan bikin makin nggak pede. 

Ketika membandingkan dengan orang lain. Maka akan merasa tidak puas dan tidak menghargai diri sendiri. Fokus pada dirimu sendiri.

6. Terima masukan, kritik, dan saran

Menerima masukan, kritik, dan saran nggak ada salahnya. Bukan dalam hal membandingkan. Tapi untuk mengukur sudah sejauh mana kamu mengasah kemampuanmu. 

Nggak pengen stuck dalam satu kemampuan saja kan? Maka nggak ada salahnya mendengarkan masukan dan kritik. Pilah mana yang membangun dan mana yang meruntuhkan. 

Bahkan, pujian yang kamu terima jangan membuat besar kepala. Tetap saja, proses kedepan masih menunggu. 

Source: Sidwell.edu.

7. Yakin pada satu prinsip

Hidup memerlukan prinsip. Untuk pegangan dalam membangun kepercayaan diri. Seseorang yang menganut prinsip kebenaran. Maka, ia akan selalu percaya dengan langkahnya. 

Kebenaran bukan pembenaran lho ya. Pembenaran hanya semacam alasan tak berdasar. Kalo kebenaran itu sudah teruji bermanfaat untuk segala pihak. 

8. Bikin target dan menyelesaikan

Membuat target pasti semua orang pernah. Tapi nggak semua orang bisa menyelesaikannya. Nggak perlu membuat target yang muluk-muluk. Buat target yang kecil tapi realistis. Kalo kamu 

mampu membuat target dan menyelesaikannya. Maka kepercayaan diri akan melejit. 

Orang yang punya kepercayaan diri bukan orang yang pasif. Menunggu keberuntungan jatuh dari surga. Keberuntungan hanya 2%, sedangkan 98% adalah usaha. 

9. Menjaga kesehatan

Tampil prima untuk cita-cita bukan sia-sia. Untuk mendapatkannya, jagalah kesehatan. Ikuti pola hidup yang baik. Makan makanan yang bernutrisi. Olahraga. 

Orang yang sehat jiwa dan raga akan lebih percaya diri. Maka, mulailah menjaga kesehatan.

10. Cari inspirasi dari orang lain

Belajar dari orang lain mengenai cara meraih keberhasilan hidup. Pasti punya kan idola yang jadi idaman. Orang lain terkadang bisa jadi inspirasi. Dengan mendapat inspirasi tersebut, maka akan lebih percaya diri.

Source: Unsplash/@rawpixel.

11. Buang pikiran negatif

Yang negatif hanya membebani. Membuat takut melangkah. Membuat ragu memilih. Jadi, berpikirlah positif. 

Untuk membuang pikiran negatif. Baik dengan latihan pernafasan ala yoga. Caranya, ambil nafas dalam-dalam bayangkan aura positif terserap pada udara yang terhirup. Buang nafas panjang dan buang aura negatif dalam diri. 

Melangkahlah dalam kepercayaan diri. Nggak usah ragu.