Beberapa Alasan Kenapa Kita Harus Makan Dulu Sebelum Minum Obat

Beberapa alasan kenapa kita harus makan dulu sebelum minum obat. Mungkin kalian belom tau ....

Minum obat tuh perlu dilakukan saat kamu sakit. Meski gak bisa langsung sembuh, minimal minum obat bisa mengurangi gejala sakit yang kamu rasakan.

Akan tetapi, baik dokter maupun apoteker akan menganjurkan kita makan dulu sebelum minum obat. Kira-kira, kenapa ya harus makan dulu sebelum minum obat?

Nah, ini dia beberapa alasan kenapa kita harus makan dulu sebelum minum obat. Simak deh nih.

#1 Mengurangi efek mual

Kenapa kita harus makan sebelum minum obat? Ya, karena makan berfungsi untuk menghindari efek samping dari obat yang kita minum gengs.

Kalo kita nggak makan, kita bisa mual dan muntah. Apalagi kalo obat yang dikonsumsi adalah jenis allopurinol, bromocriptine, madopar, dan beberapa jenis obat lainnya.

Makan dulu biar lambungnya nggak iritasi (stayathomemum.com.au)

#2 Mengurangi iritasi lambung

Beberapa obat-obatan bisa menyebabkan iritasi di lambung kita. Jadi sebaiknya kita makan dulu sebelum minum obat, agar dinding lambung kita nggak terluka.

Nggak cuma iritasi lambung aja, kalo kita nggak makan dulu kita bisa kena gangguan pencernaan, radang lambung, bahkan bisul juga loh gengs. Jangan sampe bertambah parah deh penyakit kalian.

Makan dulu biar nggak mual (self.com)

#3 Mencegah mulas

Efek samping lain yang dihasilkan oleh obat-obatan tertentu adalah timbulnya rasa mulas setelah kita konsumsi. Jadi kita perlu makan sebelum minum obat.

Kalo kita nggak makan, rasa mulas bisa muncul. Mulas terjadi karena asam yang diproduksi masuk ke dalam perut kita. Makanya, obat-obatan paling efektif kalo diminum setelah kalian mengonsumsi makanan berat kayak biasa.

Makan tuh mencegah mules gengs~ (everydayhealth.com)

#4 Meningkatkan penyerapan obat

Obat-obatan yang diminum setelah makan akan bekerja dan tinggal lebih lama di dalam perut kita. Hal ini meningkatkan waktu tinggal di lambung dan membantu penyerapan obat.

Kalo perut kita kosong terus nekat minum obat, obat itu cuma akan terbawa begitu aja. Kandungan dalam obat yang kita minum itu nggak akan terserap dengan baik ke dalam tubuh.

Jadi, plis gengs ... kalian wajib makan sebelum minum obat. Jangan manja deh! Kalo selama ini nggak ada yang perhatiin, mending mulai perhatian sama diri sendiri dulu deh.

Obat akan menyerap dengan baik, biar cepet sembuh~ (dayclear.com)