Pesawat British Airways Pecahkan Rekor Terbang Tercepat dari New York ke London

Waktu tempuh penerbangan antara New York ke London berhasil dipecahkan rekornya oleh pesawat British Airways.

British Airways baru saja mencetak rekor baru untuk penerbangan subsonik, dengan sedikit bantuan dari alam. Maskapai telah mengkonfirmasi data Flightradar24 yang menunjukkan bahwa salah satu pesawat Boeing 747 mereka menyelesaikan penerbangan New York ke London hanya dalam waktu 4 jam dan 56 menit.

Waktu tempuh tersebut dengan mudah mengalahkan rekor tercepat sebelumnya yakni 5 jam dan 13 menit yang ditetapkan oleh Norwegian Air pada tahun Januari 2018. Secara umum, penerbangan yang melewati samudra Altantik tersebut memakan waktu 6 jam dan 13 menit, kata Flightradar24.

Pesawat BA dibantu oleh mesin jet yang lebih kuat dari biasanya (200MPH-plus) yang membawa 747 melesat hingga 825MPH, secara teknis lebih cepat daripada kecepatan suara, tetapi tidak supersonik karena angin akan mencegah pesawat memecahkan pembatas suara (sound barrier).

Pesawat British Airways pecahkan rekor penerbangan (Twitter @flightradar24)

Meski menjadi yang tercepat, rekor tersebut ternyata dikuntit dengan sangat dekat oleh maskapai lain. Virgin Atlantic memiliki dua penerbangan yang datang dekat, salah satunya tiba hanya satu menit kemudian sementara yang lain tiga menit di belakang. 

Maskapai tersebut bahkan membalas twit tentang rekor British Airways di Twitter. Virgin mengklaim bahwa pesawat tersebut memiliki jumlah mesin dua kali lipat dari pesawat mereka (Airbus A350-1000) dan membakar bahan bakarnya dua kali lebih banyak pula.

Ditambah lagi kecepatan tersebut tidak akan mendekati atau bahkan mengalahkan rekor kecepatan absolut. Kehormatan tersebut masih disandang oleh British Airways Concorde yang menyelesaikan penerbangan ke London hanya dalam waktu kurang dari 2 jam dan 53 menit, mencapai kecepatan setinggi 1.350MPH pada perjalanan 1996. 

Perjalanan 747 masih merupakan prestasi, dan ini mungkin menjadi satu-satunya penerbangan penumpang tercepat yang bisa kita lihat sampai nanti, kecuali pesawat supersonik kembali ke langit.

Pesawat British Airways pecahkan rekor penerbangan (engadget.com)