7 Makanan Tradisional Jambi Yang Super Enak, Unik, Dan Wajib Dicobain

Rekomendasi makanan enak khas Jambi yang wajib dicobain~

Kalau kamu berencana liburan menjelajah Pulau Sumatera, jangan lupa mampir di Jambi buat wisata kuliner. Dijamin deh nggak akan menyesal, soalnya makanan di sana tuh super enak-enak dan beberapa mungkin susah ditemuin di tempat lain. Lagian, nyobain kuliner tradisional di tempat aslinya tuh pasti lebih autentik rasanya. 

Nah, apa aja sih makanan-makanan yang wajib kamu coba saat liburan ke Jambi? Berikut daftarnya~ 

Ini namanya tempoyak yang dibuat dari fermentasi durian. Waktu proses memasaknya, dicampur sama ikan tapi bisa juga tanpa ikan sih. Bentuk makanan ini kelihatannya kayak nggak meyakinkan ya? Tapi enak juga lho, rasaya perpaduan antara asam dan ada aroma durian. 

Kamu juga mesti cobain nih daging masak hitam khas Jambi yang bumbu rempahnya banyak banget. Mulai dari jintan, adas manis, ketumbar, kayu manis, pala bubuk, lada putih, kemiri, jahe, batang serai, dan lengkuas. Wah, rasanya pasti enak banget nih, kayak semur tapi lebih kental dan berempah~ 

Kalau yang ini kue gandus yang terbuat dari tepung beras dan santan, terus atasnya diksih topping ebi sangrai, cabe, dan bawang goreng. 

Nasi gemuk ini kayak nasi uduknya Jambi. Saat dimasak, nasi ditambahin santan, daun salam, duan pandan, serai, dan daun jeruk. Pas disajikan, nasi gemuk biasanya dimakan bareng kuah kari, telur dadar iris, telur rebus, bawang goreng, kacang goreng, ikan teri, sambal, dan kerupuk.

Buat yang suka ikan, mesti cobain nih gulai tepek ikan yang dibuat dari campuran ikan belida atau tenggiri dengan sagu. Adonannya terus ditepek atau dipipihkan dan disiram kuah gulai yang penuh rempah.

Ada juga  kue burgo nih. Meski namanya kue, makanan ini nggak manis dan dibuat dari tepung beras dan sagu, bentuknya mirip dadar gulung. Tapi dimakannya sama kuah santan dan bawang goreng. 

Selama ini, kamu mungkin makan rambutan langsung atau dibikin es. Tapi di Jambi ada cemilan rambutan goreng loh. Jadi daging rambutan dipisah dari bijinya terus digoreng sama tepung yang dibumbui gula dan vanili.