11 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Duit Ceban Terakhir

Ceban apaan sih? Duit, Rp 10.000. Emang dapet apaan pake duit segitu? Banyak! Cek aja ulasan di bawah tuh.

Akan datang masanya ketika selembar uang seratus ribu berubah menjadi lima puluh ribu rupiah. Namun, sesaat kemudian berubah lagi uang kertas berwarna biru itu menjadi uang berwarna ungu terbitan BI terakhir yang bergambar pahlawan nasional asal Papua Frans Kaisiepo.

Kenapa bisa cepat berubah? Kalo kata orang Ciamis, "c'est la vie", itulah kehidupan. Tapi ngenes amat yak? 

Eits, mulai sekarang jangan sekali-kali remehkan kesaktian selembar duit ceban yang kamu pegang. Dengan uang sepuluh ribu rupiah terakhir, masih banyak hal yang bisa kamu dapatkan lho. Kalo gitu apa aja barang atau jasa yang bisa dibeli dengan uang Rp 10.000 itu?

1. Gorengan

Konon, kalau kita mau tau seberapa mahal harga makanan sekarang, cek aja tukang gorengan terdekat. Nah, saat ini, rata-rata harga gorengan tidak lagi dihitung per butir, tetapi pake sistem borongan. Misalnya Rp 2.000 per tiga biji. Tapi ada juga yang udah ngejual sampe Rp 1.000 per potongnya. Kalo gitu, kalikan aja sampe uang sepuluh ribumu habis. Kenyang dan hati gembira.

malaskeluar.com

2. Bensin Seliter Lebih Dikit

Lumayan nih buat kamu yang naik sepeda motor. Kamu bisa manfaatkan sisa ceban tadi buat beli BBM. Jenis Pertilite sekarang dibanderol Rp 8.000 dan Pertamax Rp 9.700. Tapi jenis Premium emang juara banget, masih Rp 6.550 per liternya. Kalo ngisi Premium, kita bisa ngirit sampe tiga hari ke depan.

kusnantokarasan.com

3. Roket

Buat kamu yang ngerokok, lembaran sepuluh ribu tuh terbilang masih banyak. Kamu masih bisa beli rokok di warung. Tapi ya roket alias rokok ketengan. Kamu bisa dapet paling tidak lima batang lah. Tapi mosok nggak beli minum, haus pasti ngerokok doang. Terus kalo laper kamu bisa beli gorengan berapa biji gitu. Jadi totalnya tetep aja cuma dua batang rokok.

apuntsdetemporada.cat

4. Kopi Tiga Gelas

Dengan berbekal ceban, kalo ada tukang kopling yang lewat panggil aja. Beli deh kopi ke mereka. Paling segelasnya dihargain sekitar Rp 3.000 perak. Kalo kamu bertiga, beli tiga sekalian, kembaliannya simpen atau buat beli gorengan sebiji. Makan sendiri aja, kan yang lain udah kamu beliin kopi tuh.

food-management.com

5. Es Krim

Punya duit segitu buat jajan yang agak fancy sedikit, apaan ya? Dateng aja ke gerai makanan cepat saji yang udah puluhan tahun berdiri di Indonesia. Di sana kamu masih bisa beli es krimnya yang terkenal paling terjangkau dan rata-rata orang pun suka. Ajak pacar atau gebetan deh biar bisa duduk berjam-jam sambil bawa rokok ketengan tadi kalo masih ada sisa. 

seriouseats.com

6. Parkir di Mal

Kalo di ibu kota, dengan Rp 10.000, kita cuma bisa parkir di mal atau di tempat umum selama dua jam doang. Buru-buru banget, nggak asik ya. Tapi kalo kayak di kota pelajar, masih banyak kok mal yang memberlakukan tarif parkir flat sebesar Rp 2.000. Kembaliannya bisa kita beliin bensin atau jajan gorengan.

edorusyanto.wordpress.com

7. Es Cendol

Ini trik lain yang ampuh melepas dahaga. Selain karena emang dijual lumayan murah, sekitar Rp 3.000 perak per porsi, kamu bisa dapet tiga gelas kan tuh. Duduk aja di sekitar tempat abangnya markirin gerobaknya.

tasikasik.com

8. Sandal Jepit

Kali aja kamu adalah korban pencurian sandal di masjid abis Jumatan, lari deh ke warung. Cari sandal jepit yang harganya kira-kira pas ceban. Banget. Kalo emang lebih dari sepuluh ribu, di sinilah skill sepik kamu harus di asah. Cuman, rata-rata si tukang sandal juga males lah berdebat sama kamu yang udah nggak megang duit lagi.

plukme.com

9. Kuaci Serauk

Boleh nih jadi pilihan cemilan ketika duit kamu pas tinggal ceban-cebannya. Dengan sepuluh ribu rupiah kamu bisa dapetin kuaci yang makannya lumayan ribet, kayak angin doang, tapi bisa nambah-nambah kerjaan kamu. Daripada bengong? Ya mending ngupasin kuaci.

the-art-minute.com

10. Sabun atau Peralatan Mandi

Lumayan juga nih duit ceban bisa buat beli sabun batangan. Soalnya rejeki akan datang dari arah yang tak diduga-duga setelah badan kamu bersih, bisa tampil ganteng sistematis atau cantik yang holistik. Tapi kalo sabun masih ada jangan cuma buat mainan aja, cepet mandi. Kali aja odol kamu habis, segera beli deh. Gosok gigi sana!

tinavilla.com

11. Nasi Telor dan Minumnya

Buat yang ini kayaknya cuma berlaku di kota pelajar doang deh. Nggak tau ya kalo ada harga makan semurah ini di kota kalian. Di Jogja, mahasiswa dan mahasiswi kenyang itu bukan mustahil, apalagi cuma berbekal sepuluh ribu doang. 

Tinggal pesen nasi telor aja ke mamang burjo (eh, namanya warmindo ding sekarang). Pesen juga es teh, ya kira-kira pas lah ceban. Kalo pengen ngerokok, bilang ngebon aja dulu atau bilang balik ke kos dulu ngambil duit.


Sebenarnya, di luar 11 hal di atas masih banyak sih yang bisa kamu beli pake duit ceban terakhir. Kreatif dikit deh, terserah mau ngakalin asal jangan ngibulin aja. Terakhir, irit-irit ya menggunakan uang. Mosok dalam sekejap duit seratus ribu berkurang nolnya satu. Ajaib nggak tuh?

siksakampus.com