31 Januari: Simpanse yang Jadi Hominid Pertama Diluncurkan ke Luar Angkasa

Ini loh seekor simpanse yang jadi hominid pertama diluncurkan ke luar angkasa.

Seekor simpanse, menjadi hominid pertama yang diluncurkan ke luar angkasa

Ada banyak yang udah dilakukan lembaga antartika dalam mengembangkan eksplorasi luar angkasa. Mulai dari menciptakan ulang alik hingga meluncurkannya dengan simpanse sebagai awaknya.

Pada tahun 1960-an hingga 1980-an, kompetisi dalam eksplorasi luar angkasa semakin ketat antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi dan pesawat ulang-alik.

Nah, di masa itu, sebelum manusia jadi astronot, simpanse udah lebih dulu diujicobakan untuk ke luar angkasa.

Lalu, siapa sih simpanse pertama yang ke luar angkasa? Dia adalah 'Ham'. Ham pergi ke luar angkasa pada 31 Januari 1961. 

Sebelum berangkat, dia diberi sarapan, susu kental, vitamin, dan telur oleh pihak yang menangani. Simpanse dengan berat 16 kg ini mencatat namanya dalam sejarah.

Simpanse Ham (kumparan.com)

Lucunya, sebelum naik ke kereta luncur roket, Ham diberi pisang sama dokter hewan. Waktu itu, dia mulai mengupas. Di situlah perjalanan dimulai.

Simpanse ini ditempatkan di kapsul ruang angkasa Project Mercury MR-2 NASA. Ham terbang hingga 260 km di atas bumi dengan Mercury No. 5.

Ham merasakan tubuh nggak ada bobot saat 6,6 menit. Ini lebih awal daripada rencana awal yaitu 4,9 menit. Setelah itu, Ham mendarat di Samudera Atlantik 16 menit sehabis diluncurkan.

Ham, simpanse pertama yang terbang ke luar angkasa (tempo.co)

Nama dari Ham ini dipercaya merupakan singkatan dari Holloman Aerospace Centre (HAM). Nah, sebenernya nama Ham baru dikasih ke simpanse ini setelah sukses kembali ke bumi dengan selamat. Awalnya dia dikenal sebagai Chop Chop Chang.

Ham lahir pada 1957 di Kamerun, Afrika. Dia dibeli sama Angkatan Udara AS pada 1959. Ham rupanya adalah salah satu dari 40 kandidat dalam misi ini.

Setelah berhasil terbang dan mendarat kembali ke bumi, Ham tinggal di kebun binatang di Washington D.C. Dia tinggal di sana selama 17 tahhun. Sementara itu, Ham meninggal dunia pada 19 Januari 1983 saat berusia 26 tahun. 

Gimana menurut kalian gengs soal simpanse pertama yang terbang ke luar angkasa?

Simpanse pertama yang ke luar angkasa (detik.com)