Ini Loh Manfaat Buah Matoa Buat Kesehatan dan Kecantikan

Ternyata buah matoa punya manfaat luar biasa. Yuk, simak!

Manfaat Buah Matoa

Pernah nggak sih makan buah matoa? Buah matoa adalah tanaman buah khas Papua. Tapi, bisa juga ditemui di Sulawesi dan Maluku.

Biasanya matoa berbuah sekali dalam setahun. Buahnya dikenal manis gitu. Nah, ternyata buah matoa tuh punya manfaat kesehatan dan kecantikan yang beragam. Simak manfaat buah matoa berikut ini.

1. Menyehatkan jantung

Buah matoa mengandung vitamin C yang mampu nurunin tekanan darah tinggi. Kandungan inilah yang juga menyehatkan jantung.

Vitamin C dan E dalam buah mato dapat mencegah risiko jantung koroner dan berguna cegah degenerasi sel. 

2. Menurunkan risiko kanker

Buah Matoa mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Ini pun bisa mencegah risiko penyakit kanker. Penangkal kanker ini berasal dari kandungan zat taninnya.

Selain itu, vitamin C emang dikenal sebagai penghalang zat karsinogen yang menyerang tubuh.

3. Meningkatkan kesuburan wanita

buah matoa (liputan6.com)

Buah matoa mengandung vitamin E dan antioksidan yang akan meningkatkan kesuburan. Kemudian, vitamin E di buah matoa punya kandungan antibodi yang dapat melindungi sel telur. Ini akan meningkatkan kesuburan 20-30 persen.

4. Mengatasi stres

Buah matoa ternyata juga bisa menghilangkan stres. Ini karena kandungan senyawanya. Buah matoa bisa menjadi obat penenang yang alami.

5. Menjaga kecantikan kulit

buah matoa untuk kesuburan (boombastis.com)

Taukah kalian kalo kandungan vitamin E bisa menjaga kecantikan dan kesehatan kulit? Nah, kandungan vitamin E dalam buah matoa tuh tergolong tinggi. 

Buah ini akan bantu kalian meregenerasi sel kulit. Tanda-tanda penuaan pada kulit wajah jadi berkurang.

6. Mencegah jerawat

Nggak cuma mencegah penuaan dini, buah matoa akan mencegah jerawat di wajah. Ini karena kandungan beberapa senyawa yang bersifat antimikroba. Zat ini dapat memerangi bakter di kulit yang bikin jerawat. 

7. Menangkal penyakit kronis berbahaya

Manfaat lain dari buah matoa adalah untuk menangkal penyakit kronis. Misalnya kayak stroke dan diabetes. Kandungan antioksidan yang tinggilah yang jadi penyebabnya. 

Itulah manfaat buah matoa bagi kesehatan dan kecantikan. Gimana, tertarik makan buah ini?

buah matoa (tribunnews.com)