Sederhana Tapi Ngena, Ini 5 Trik untuk Menghindari Pikiran Negatif

Jangan sekalipun hawa negatif menguasai pikiranmu. Baca dulu trik-triknya.

Setiap orang, meski barang sekali saja, pasti pernah berpikir buruk tentang dirinya sendiri. Bukan cuma itu, kamu juga pernah setidaknya sekali punya pikiran negatif pula tentang orang-orang yang berada di sekitarmu.

Meski terasa wajar, pikiran macam itu tentu saja nggak baik. Apalagi kalau pikiran buruk itu sudah merasuk ke dalam cara berpikirmu, bisa-bisa nggak punya teman kamu.

Sadarilah bahwa pikiran-pikiran itu memang tidak baik untuk dipelihara terus menerus. Ngapain juga, kata Kasino, mending pelihara kambing. Tapi nggak usah khawatir, ulasan berikut bakal ngebahas trik untuk menghindari diri dari pikiran negatif.

1. Ketahui Apa yang Kamu Katakan

Setiap hari kita takkan luput dari sebuah pembicaraan, kan? Untuk menghilangkan pikiran buruk dari kepalamu, pastikan kamu sadar betul apa yang kamu bicarakan, apa pun pembicaraannya. 

Perhatikan siapa yang kamu ajak bicara dan apa saja yang akan kamu katakan. Bila ada temanmu yang mulai mengarahkan pembicaraan yang memicu pikiran buruk, hentikan pembicaraan itu dengan sopan.

centralfloridahealthnews.com

2. Catat Perasaanmu

Untuk mengurangi intensitasmu yang tinggi akan pikiran negatif, kamu bisa melakukan rencana lain, yakni mencatat. Kenapa? Karena kamu akan tau perkembangan pikiranmu dari waktu ke waktu.

Kamu bisa mulai mencatat apa-apa saja hal yang membuatmu mulai berpikiran tidak baik. Dengan mencatat, kamu bisa mengingat baik-baik hal tersebut.

bijarbameiran.com

3. Kontrol Perkataanmu

Pikiran negatif bisa muncul lantaran kamu mulai mengatakan sesuatu yang buruk pula. Mulai sekarang, cobalah untuk mengontrol berbagai kata yang sebaiknya tidak kamu ucapkan.

Kamu boleh minta tolong temanmu untuk membantumu mengingatkan bahwa kamu sedang berusaha menjauhi diri dari pikiran buruk. Kalau dirasa kurang efektif, kembalilah pada catatan diri sendiri bahwa kamu tak boleh mengatakan itu.

jenniferkostick.com

4. Perhatikan Situasi Sekitar

Berburuk sangka maupun pikiran buruk bisa pula datang dari situasi di sekelilingmu. Untuk menangkis pikiran-pikiran yang tak kamu perlukan, perhatikan juga situasi sekitar.

Berhati-hatilah dalam berpikir termasuk berucap. Kamu tak bisa sembarangan menghakimi sesuatu yang menurut orang itu buruk. Sebaliknya, amatilah dan cara tahulah dulu sisi positif dari situasi tersebut.

tenant.bc.ca

5. Sugestikan Dirimu, Katakan 'Stop!'

Jika pikiran burukmu mulai datang menghampiri, sugestikan pikiranmu dengan mengatakan 'stop!', atau sejenisnya. Mungkin terdengar konyol, tapi sebenarnya cara ini efektif juga kok.

Saat kamu menyugestikan dirimu dengan menyebutkan kata tadi untuk dirimu, secara otomatis pikiranmu juga akan berhenti memikirkan hal tersebut. Untuk selanjutnya, sugesti ini sama bergunanya dengan trik yang lain, bahkan tergolong paling mujarab.

inc.com