7 Jenis Soto Khas Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

Suka makan soto? Kamu wajib cobain nih berbagai jenis soto yang ada di berbagai daerah di Indonesia~

Sadar nggak sih kalau di berbagai daerah di Indonesia tuh biasanya punya kuliner yang sejenis tapi beda? Ya, misalnya kayak soto. Pasti makanan ini udah nggak asing lagi, dong? Jangan cuma taunya soto ayam atau daging doang, soalnya jenis masakan ini tuh beragam banget. Meski sebagian besar memang ada irisan daging, tetap ada perbedaan di kuah dan topping lain. 

Biar makin kenal sama kuliner Nusantara, yuk kita lihat ada daftar nama soto Indonesia punya~ 

Yang pertama ada Soto Padang. Isinya potongan daging sapi goreng, bihun, perkedel kentang, terus disiram kuah kaldu yang gurih. Makannya pakai kerupuk merah biar makin sedap!

Soto Padang (Indoblognet.com)

Soto Mie Bogor ini terbilang unik sih, isinya ada mie, bihun, potongan tomat, kentang, kol, seledri, kikil, dan risol. 

Soto mie (Bogor.net)

Mungkin belom banyak yang tau ya kalau Bandung juga punya soto lho. Semangkuk Soto Bandung ini terdiri dari potongan lobak, irisan daging sapi, dan kuah kaldu. Biasanya ditambahin kacang kedelai goreng, seledri, jeruk nipis, dan sambal~ 

Soto Bandung (Merahputih.com)

Soto Madura ini isinya ada ayam atau daging sapi, telur rebus, kentang goreng, toge rebus, terus dikasih kuah warna kuning yang gurih dan rasanya kaya rempah. 

Terus ada Soto Kudus yang merupakan perpaduan antara suwiran ayam, toge rebus, dan bisa dimakan barengan nasi panas dan lauk lainnya kayak tempe goreng, perkedel, sate ampela, atau sate telur. 

Terkenal di Tegal dan Pekalongan, ini namanya tauto alias soto yang kuahnya dicampur tauco. Rasanya jadi beda dari yang lain dan unik banget. Untuk topping-nya ada bihun, toge, jeroan, suwiran ayam, usus kering, dan daun bawang. 

Terakhir ada soto seger Boyali. Seperti namanya, rasa soto ini emang seger banget karena kuahnya yang gurih dipadukan sama perasan jeruk nipis yang agak asam. Untuk sotonya sendiri berisi daging, toge, kentang, dan nasi. Pendampingnya ada sate kikil, telur puyuh, dan tempe goreng kering.