Kumpulan Video Tsunami Aceh yang Mengingatkan Kita Pentingnya Peringatan Bencana

Tsunami Aceh terjadi pada 2004 lalu. Berikut video-videonya yang bisa jadi peringatan buat kita.

Pada 26 Desember 2004, gempa dan tsunami Aceh terjadi. Seakan tiba-tiba, rumah-rumah penduduk hancur terbawa oleh air. 

Sebelum tsunami terjadi, ada gempa bumi berkekuatan 9,0 magnitudo. Bahkan, gempa ini tercatat sebagai gempa bumi kedua terbesar sepanjang zaman. 

Telah tercatat ada 170.000 orang yang meninggal dunia. Ada puluhan tibu bangunan juga yang hancur dihempas tsunami.

Sampai-sampai Presiden SBY saat itu menetapkan 26 Desember 2004 sebagai hari berkabung nasional dan darurat kemanusiaan. Selain itu, juga bakti sosial selama 3 hari dari 27 Desember sampai 29 Desember.

Saat itu, mungkin peringatan dan penanggulangan bencana tsunami belom secanggih sekarang. Kesadaran soal gempa dan tsunami pun masih kurang. Jadi, orang-orang nggak sempat menyelamatkan diri sebelum bencana tsunami terjadi seperti sekarang.

Berikut beberapa video tsunami yang sempat terekam oleh masyarakat. Melihat video di bawah ini kita jadi makin sadar kalo peringatan sebelum bencana itu penting. 

1. Gempa dan tsunami Aceh

2. Video amatir tsunami Aceh

3. Video amatir saat gempa di Aceh

4. Video dokumentari tsunami Aceh

5. Video amatir tsunami Aceh

6. Video gempa dan tsunami Aceh

Begitulah kumpulan video bencana gempa dan tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004. Sekitar 170 ribu orang tewas. Sementara itu, 6245 orang lainnya hilang karena tersapu gelombang tsunami.

Nggak sedikit yang mengalami trauma karena bencana ini, terutama anak-anak. Semoga kini penanggulangan bencana tsunami semakin baik lagi ya!