Yuk, Mengenali Buah Tin Si Jajanan Pembawa Berkah

Udah pernah ngerasain buah yang membawa berkah ini? Kalo belum, ayo jajan bareng-bareng. Manfaatnya segunung.

Buah tin berukurang kecil yang punya manfaat besar. Saat masih mentah warnanya hijau. Ketika masak, warnanya keunguan merah. Yang sedikit berbahaya, getahnya dapat membuat kulit iritasi. 

Daging buah tin berwarana putih. Terdapat bulir-bulir kecil yang terasa manis dan harum aromanya. Di Arab, buah ini sangat digemari. Karena karakter daerah Arab yang kering bisa memanfaatkan kandungan air dari buah tin. 

Indonesia juga tak ketinggalan. Perkembangan pesat pertanian membuat mudah sekali buah pembawa berkah ini ditemukan. Disebut sebagai buah pembawa berkah, karena dijatuhkan langsung dari surga. Dari sabda Nabi Muhammad tersebut kemudian masyarakat percaya bahwa buah ini pasti kaya manfaat. Dan, ilmuwan medis berhasil membuktikannya.

Kalo kamu sedang memilih jajanan untuk oleh-oleh. Kamu bisa memilih buah tin yang basah atau kering. Bedanya adalah kandungan kalorinya. Yang kering mengandung lebih banyak kalori dibanding yang basah. 

Source: Befren.

Kandungan nutrisi buah ini benar-benar membawa berkah. Bagaimana tidak dia mempunyai kadar protein, lemak baik,  zat besi, kalsium, anti oksidan, fenol dan benzaldehid yang berkhasiat untuk mencegah tumor. Eh, ada lagi lho manfaatnya buat kesehatan.

Source: Guide-nutrition.

Secara medis buah tin punya khasiat seperti dibawah ini:

1. Zat laksatif yang menyembuhkan konspitasi

Medis mengutarakan bahwa buah tin membantu melancarkan pencernaanmu. Sebagai obat laksatif (pencahar) yang menyembuhkan konstipasi. 

2. Daun baik untuk diabetes

Diabetes akut secara medis mesti menggunakan insulin. Baik lewat suntik atau lewat makanan yang mengandung zat ini. Buah tin tin dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi, sesudah makan baik jika mengudap buah ini.

Caranya kamu bisa memanfaatkan teh daun tin. Kamu bisa membuatnya sendiri jika mudah mendapatkan daunnya. Kalo nggak mau ribet, banyak sekali toko online yang menjual tehnya. 

3. Mengobati deformitas kulit

Eksim, psoriosis, dan vetiligo merupakan kondisi kuliit yang tidak normah. Eksim terjadi ketika merasakan kulit sering gatal, kering, terjadi inflamasi. Kondisi ini bersifat genetis. Akan menurut berdasarkan riwayat keturunan. Teh daun tin bermanfaat untuk ketiga penyakit ini.

4. Penyembuhan tumor dan kulit meradang

Buat yang punya kulit sensitif, memang akan merasakan gatal-gatal jika terkena getahnya. Meskipun begitu, getahnya tetap bisa jadi khasiat. Getah tin bisa menyembuhkan tumor dan kutil dikulit. 

Medis tidak menemukan efek negatif dari tanaman yang bisa hidup di daerah tropis ini. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) menyebutnya sebagai "The Most Perfect World Fruit". 

Buah tin atau disebut juga buah ara ini, bisa langsung dimakan. Saat nemu di supermarket, nggak usah bingung cara makannya gimana. Tinggal dicuci bersih dan bisa langsung dimakan. Kalo mau agak ribet, bisa kamu belah dulu dan menyingkirkan bulir-bulirnya. 

Bulir ini adalah kristal gula. Tapi aman kok buat dimakan. Bahkan oleh penderita diabetes. Untuk buah ara kering, rasanya seperti kurma tapi lebih krenyes-krenyes. Harganya ada kisaran Rp 100 - 200 ribu rupiah per kilogramnya. Tertarik? Yuk jajan buah pembawa berkah. 

Source: Biaspelangi302.