Apa Pengertian Musik dan Mengapa Manusia Senang Mendengarkannya?

Mengetahui pengertian dari musik dan alasan manusia gemar mendengarkan musik akan menjawab kenapa ia menjadi hiburan nomor satu di dunia.

Hampir seluruh penduduk dunia mengerti atau dalam hal ini mendengar musik. Dari masyarakat tradisional hingga masyarakat EDM (Electronic Dance Music) mengenal salah satu mode hiburan ini. Tetapi jika ditanya pengertian musik apakah semua orang tahu? Atau mengapa sih manusia gemar mendengar musik?

Pengertian Musik

Secara garis besar musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Musik bisa berasal dari vokal mulut, alat musik analog, maupun alat musik elektronik. Musik merupakan merupakan salah satu hasil budaya manusia dan menjadi seni terpopuler.

Istilah musik berasal dari bahasa Yunani yakni mousike yang berarti "seni Muses". Muses sendiri bagi masyarakat Yunani kuno adalah salah satu dewa mereka. Muses disimbolkan sebagai suatu dewi inspirasi keindahan, literatur, sains, dan seni.

Menurut KBBI (Kamus Besar Berbahasa Indonesia) musik didefinisikan sebagai seni atau ilmu yang menyusun sebuah suara atau nada dalam urutan, kombinasi, dan juga adanya hubungan temporal untuk menghasilkan suara yang memiliki kesinambungan dan kesatuan.

Sedangkan dari Wikipedia, musik adalah sebuah nada atau suara yang memang disusun sedemikian rupa sehingga bisa mengandung irama yang indah, lagu, dan keharmonisan terutama untuk suara yang dihasilkan atau diciptakan dari alat-alat yang memang bisa menghasilkan sebuah irama.

tornaveu.cat

Mengapa Manusia Suka Musik

Banyak alasan mengapa manusia menyukai musik. Salah satunya musik dapat menjadi sarana ekpresi diri. Ia juga baik digunakan untuk menyatakan sebuah perasan dengan manusia memainkan musik. Biasanya mengeluarkan perasaan melewati musik ini akan lebih gampang lagi untuk diterima.

Jika seseorang sedang bersedih nada-nada yang dimainkan biasanya memiliki tempo halus dan lambat. Begitupun dengan sebaliknya, apabila nada-nada musik itu cepat dan menggebu-gebu umumnya nada tersebut mewakili ekspresi bahagia dan senang.

Kemampuan musik untuk memperkuat ekspresi perasaan ini lah yang membuat musik bersifat menghibur bagi manusia. Seseorang yang sedih pun akan sedikit terhibur karena musik dapat mewakili perasaanya. Jadi ia tidak merasa sendiri.

pixabay.com

Ekspresi atas apa yang dialami manusia membuat musik sangat mudah untuk masuk dalam segala lini aktifitas manusia. Semisal dalam masyarakat tradisional, musik selalu berkaitan erat dengan upacara-upacara tertentu. Seperti pada pesta pernikahan, kelahiran, dan kematian. Bahkan di beberapa daerah, bunyi yang dihasilkan oleh suatu alat musik dipercayai mempunyai kekuatan magis. Musik juga hadir dalam upacara kegamaan dan juga kenegaraan.

Dari segala kemampuan dari musik ini tak heran jika manusia senang mendengarkan musik. Tentu juga akan lebih baik jika tahu pengertian musik sehingga pada masa depan dapat mengembangkan musik untuk peradaban manusia.