Bukan Cuma Buat Tebak-tebak Doang, Ini Lho Beberapa Khasiat Buah Manggis

Khasiat buah tropis yang satu ini memang banyak buat tubuh kita. Apa aja sih?

Coba tebak, buah apa yang paling populer di Indonesia? Ya, manggis. Kok bisa? Karena manggis adalah buah yang kulitnya bisa dikapsulkan dan diiklankan dengan lagu yang ceria di layar kaca keluarga Indonesia beberapa tahun silam. Pasti tau deh.

Garing ya? Gapapa deh, soalnya kali ini kita akan bahas pemilik nama Latin Garcinia mangostana ini, yang bukan cuma kulitnya aja. Buah yang punya rasa manis dan segar ini punya banyak khasiat lho. Nah, daripada cuma ditebak-tebak, mending kita simak yuk khasiat buah manggis yang mungkin belum kita ketahui selama ini.

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Di balik kenikmatannya, manggis punya khasiat yang baik untuk melancarkan sirkulasi atau peredaran darah di dalam tubuh. Beberapa kandungannya bisa membantu tubuh kita menghambat agregasi platelet, unsur yang justru menyumbat pembuluh darah.

philmaffetone.com

2. Menurunkan Tekanan Darah

Selain melancarkan peredarah darah, kandungan xanthones di dalamnya juga membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi manggis dianjurkan untuk para penderita hipertensi. 

hellodoctor.co.za

3. Mencegah Penyebaran Kanker

Penelitian terakhir menyebutkan bahwa manfaat lain dari buah tropis ini adalah untuk menghambat penyebaran kanker. Lagi-lagi semua karena kandungan xanthones yang terbukti efektif mencegah pembelahan sel-sel kanker, seperti kanker hati dan kanker payudara.

health.com

4. Mengatasi Masalah Kulit

Penelitian juga menemukan bahwa manggis ternyata memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Kedua sifat ini cukup efektif lho untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul di kulit, mulai dari jerawat, noda hitam, kulit berminyak, dan kulit kering.

mysanitas.com

5. Menurunkan Berat Badan

Kalori rendah yang dimiliki buah ini juga baik untuk tubuh, terutama untuk kamu yang sedang bersemangat mencapai berat badan yang ideal. Selain itu, manggis juga tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga aman untuk dikonsumsi saat diet.

weightlossresources.co.uk