7 Tips Memanfaatkan Sikat Gigi Bekas Setelah Nggak Dipakai Buat Gosok Gigi

Sikat gigi yang udah nggak dipake lagi masih berguna lho. Jadi jangan dibuang. Tujuh tips ini buat memanfaatkan sikat gigi bekas yang udah nggak kepake.

Menurut rekomendasi dari dokter gigi, tiga bulan sekali sikat gigi mesti diganti. Selain karena bulu sikatnya yang sudah nggak bisa bersihin bagian tersempit gigi. Juga sikat gigi yang udah keseringan dipake bisa menyebarkan bakteri yang ada di mulut. 

Nah, kalo ganti sikat gigi baru, yang lama jangan dibuang. Setelah nggak dipakai buat gosok gigi, ini 7 manfaat sikat gigi bekas tersebut.

1. Menyikat sepatu.

Bentuk sepatu yang sederhana bisa disikat dengan sikat sepatu. Tetapi terkadang bulunya yang terlalu kasar bisa melukai lapisan sepatu. Dan ditambah lagi apabila model sepatu cukup rumit, maka sikat gigi bisa bermanfaat untuk menyikat sepatu. Biar debu dan kotolan yang nyelip bisa musnah. Dan sepatumu cling lagi.

Source: Rumahku.

2. Menghilangkan gumpalan maskara

Maskara kalo nggak ditutup rapat, bakal menggumpal olesannya. Nah, untuk menghilangkan gumpalan pada olesan maskara, kamu bisa memanfaatkan sikat gigi yagn udah nggak dipake. 

Source: Kinimall.

3. Buat ngecat rambut? Nggak masalah. Malah bikin hasil cat trendy.

Untuk mendapatkan hasil pengecatan rambut yang trendy dan natural, bisa memanfaatkan sikat gigi bekas. Jangan buru-buru sikat gigi bekasnya dibuang. Meskipun nggak bagus buat menyikat gigi, sikat gigi bekasmu bisa dimanfaatkan. 

Source: Bintang.

4. Bisa membersihkan kuku yang kotor

Kalo kukumu pendek dan sering berwarna hitam atau coklat karena debu. Kamu bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan kuku. Cukup rendam dengan air hangat, lalu sikat kukumu yang hitam dengan sikat gigi bekas. 

Untuk hasil yang maksimal dan lebih bersih, sikat gigi bekas bisa dimanfaatkan untuk menyikat kuku ditambah campuran air lemon dan soda. Kukumu akan kembali warna semula.

Source: Bintang.

5. Sikat gigi bisa membantu atau menggantikan sisir rambut

Mendapatkan kesan rambut tebal? Semprotkan spray dan tata rambutmu dengan sikat gigi bekas. Sikat gigi bekas punya bulu yang lebih lembut dibanding sisir. Bulu sikat gigi juga bisa tidak memberikan kesan renggang pada rambut. Jadi, pas buat dipakai menata rambut.

Source: Ladylifehack.

6. Mengatasi bibir pecah-pecah

Jangan ragu buat menggosok dengan perlahan bibirmu yang pecah-pecah sebelum menggunakan lipstik. Agar tidak melukai bibir, sebelumnya oleskan pelembab bibir atau lip butter. 

Memanfaatkan sikat gigi bekas memang nggak akan rugi. Selain karena memang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menjaga lingkungan karena meminimalisir sampah rumah tangga.

Source: Pinterest.

7. Kreatif dengan sikat gigi bekas untuk mengecat kuku

Nggak mau model cat kuku yang itu-itu aja? Nah, ini salah satu manfaat sikat gigi bekas. Untuk membuat modifikasi, seperti menambahkan warna lain diatas dasar warna cat kuku. Atau, bisa memodifikasi cat kuku dengan pola bulu-bulu sikat gigi. Pasti bakal bikin tertarik orang yang liat.

Gimana? Tertarik nyoba emanfaatkan sikat gigi yang udah nggak kepake. Semakin ngasih manfaat bakal semakin bagus deh. 

Source: Burkatron.