Perilaku yang Buktikan Kalau Kamu Itu Orangnya Nggak Tulus

Berbuat baik ke orang lain harus tanpa pamrih. Nah kalau kamu malah memiliki perilaku di bawah ini, itu buktinya kamu orang yang nggak tulus berbuat baik.

Sebagai makhluk sosial, seseorang diharapkan untuk berbuat baik kepada orang lain. Kebaikan demi kebaikan dapat membuat kehidupan bermasyarakat lebih baik ketika semua orang saling membantu satu sama lain.

Namun adakalanya orang malah nggak tulus melakukan kebaikan. Ia mengharapkan pamrih setelah menolong yang susah dalam bentuk apapun. Kalau bisa sih jangan, tetapi mungkin kamu terlanjur sudah memiliki perilaku nggak tulus di bawah ini.

1. Perilaku perhitungan

Menolong orang lain ketika kamu merasa sedang mampu adalah keharusan. Tetapi jika kamu merasa ada hal yang lebih baik dilakukan setiap kali akan menolong orang, maka itu jadi bukti kalau kamu orangnya nggak tulus.

Kamu terlalu memikirkan konsekuensi dari setiap tindakan pertolongan yang belum kamu lakukan. Tak usah ragu, jika memang kamu melihat ada orang yang sedang kesulitan, segera tolong mereka.

Perilaku yang jadi bukti kamu orangnya nggak tulus (societyinsurance.com)

2. Mengharap terima kasih

Perilaku yang tergolong nggak tulus ketika membantu orang lain adalah kamu merasa wajib mendapat ucapan terima kasih atas jasamu. Memang idealnya seperti itu, tapi tak selamanya orang punya cara yang sama dalam mengucapkan terima kasih.

Banyak yang tak bisa mengutarakannya secara langsung. Namun, percayalah bahwa bantuan yang kamu berikan itu bisa membekas di hati mereka. Lebih dari sekadar ucapan, bentuk terima kasih mereka bisa dengan lebih menghargai dan menilaimu sebagai pribadi yang suka menolong.

Perilaku yang jadi bukti kamu orangnya nggak tulus (medium.com)

3. Pamrih

Sikap mengharap ucapan terima kasih saja sudah menunjukan kalau kamu nggak tulus, apalagi sampai mengharapkan imbalan atas bantuan pertolonganmu. Istilahnya kamu sedang pamrih.

Menunjukan perilaku seperti ini, hanya akan menghapus kebaikan yang pernah kamu dari hati orang lain. Bukannya imbalan yang kamu dapat, kamu justru bisa dicap sebagai orang yang pamrih dan nggak tulus.

Perilaku yang jadi bukti kamu orangnya nggak tulus (wsj.com)

4. Mengeluh saat menolong

Kamu mungkin nggak sadar ketika melakukan perilaku mengeluh setiap kali membantu orang. Kalau benar-benar tulus, orang nggak akan keberatan melakukan pertolongan seberat apapun itu. 

Tak perlu melihat apakah bantuanmu dapat membuat hidup orang lain menjadi lebih mudah. Cukup ikhlaskan apa yang harus kamu berikan sebagai pertolongan.

Perilaku yang jadi bukti kamu orangnya nggak tulus (freepik.com)

5. Mengungkit jasa baik

Perilaku nggak tulus yang terakhir adalah kamu selalu mengungkit setiap kebaikan yang pernah dilakukan. Lebih-lebih lagi kamu akan dianggap sombong dan doyan pamer. 

Biarlah kebaikan yang kamu lakukan itu menjadi solusi bagi hidup orang lain. Kalau ternyata orang yang pernah kamu tolong itu menceritakan kebaikanmu kepada orang lain, anggap saja itu bonus untukmu.

Perilaku yang jadi bukti kamu orangnya nggak tulus (theregister.co.uk)