8 Tahun Lalu Jembatan Kutai Kertanegara Roboh Hingga Tewaskan Puluhan Warga

8 tahun lalu jembatan Kutai Kertanegara pernah ambruk. Yuk, simak fakta-fakta jembatan ini dan robohnya yang menewaskan banyak orang.

Taukah kalian sama jembatan Kutai Kertanegara? Jembatan ini melintas di atas sungai Mahakam. Ini adalah jembatan gantung yang paling panjang di Indonesia. Jembatan ini punya panjang hingga 710 metr. Sementara itu bentang bebas atau area yang tergantung mencapai 270 meter.

Masyarakat dari Tenggarong akan melewati jembatan Kutai Kertanegara kalo mau ke Samarinda. Nah, jembatan ini pernah roboh pada tahun 2011 lalu, tepatnya pada 26 November.

Akhirnya dibangun lagi pada 2013 yang resmi dibuka pada 8 Desember 2015. Yuk, simak fakta-fakta tentang jembatan ini.

1. Dibangun pertama kali pada 1995

Jembatan Kutai Kertanegara pertama dibangun pada 1995. Lalu, selesai pada 2001. Kontraktor yang menangani proyek pembangunan ini adalah PT Hutama Karya.

Jembatan Kutai Kertanegara sebenernya adalah proyek pembangunan jembatan kedua di Kaltim setelah pembangunan jembatan Mahakam I di Samarinda.

Desain Jembatan Kutai Kertanegara mirip dengan Golden Gate di San Fransisco, AS. Memang pembangunanya dilakukan usai studi banding di Amerika Serikat.

2. Memakan puluhan korban

jembatan Kutai Kertanegara (wowkeren.com)

Ada banyak korban tewas saat Jembatan Kutai Kertanegara roboh pada 26 November 2011. Waktu itu, tim SAR setiap hari menemukan mayat mengapung di sungai. Duh ngeri banget ya.

Jumlah total korban tewas hingga 20 orang. Tim SAR berhasil menemukan lima mayat pada hari Selasa (29/11/2011), lalu satu mayat di hari Rabu (30/11/2011). Yang paling banyak, tim SAR nemu delapan korban nggak bernyawa pada hari Senin (28/11/2011). Kemudian, pada hari pertama, petugas nemu empat mayat.

3. Ada 3 tersangka yag ditahan

Melansir Tribunnews, ada 3 orang yang ditahan karena diduga melakukan kelalaian. Kelalaian ini yang mengakibatkan robohnya Jembatan Kutai Kertanegara. Ketiga tersangka itu berinisial YS, HS, dan MSF.

YS dan HS adalah pegawai Dinas PU Kukar. Sementara itu, MSF adalah project manager dari PT Bukaka.

4. Roboh dalam 20 detik

Jembatan Kukar yang roboh (bbc.com)

Setelah penyelidikan yang panjang, Tim Evaluasi dan Investigasi menyatakan kalo robohnya jembatan Kutai Kertanegara diakrenakan kesalahan teknis pembangunan. Sejumlah pihak dinilai kurang penegtahuan soal pembangunan jembatan ini.

Lalu, keruntuhan juga dipicu sama tegangan tambahan saat pemeliharaan berlangsung. Terdapat proses jacking di titik ke-13 yang ada di tengah bentang jembatan, sambungan antara batang hanger dan kabel utama putus. Karena sambungannya putus, jembatan roboh total dalam waktu kurang dari 20 detik.

Begitulah beberapa fakta mengenai robohnya jembatan Kutai Kertanegara. Semoga peristiwa kayak gitu nggak terulang lagi di Indonesia ya!

Jembatan Kutai Kertanegara (bbc.com)