Ponsel Lipat Huawei Mate X Akhirnya Datang ke Pasar, Tapi Cuma di Tiongkok

Huawei akhirnya merilis ponsel lipat Mate X di pasaran. Tetapi ponsel ini hanya dirilis di pasaran Tiongkok saja.

Akhirnya Galaxy Fold bukan lah satu-satunya ponsel smartphone lipat yang ada di pasar untuk saat ini. Sedangkan kalian sudah sangat tidak sabar menunggu kedatangan Motorola RAZR di tahun depan. Dengan catatan kalian tinggalnya di Tiongkok. 

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, Huawei akhirnya mulai menjual smartphone Mate X melalui toko online milik mereka yakni Vmall. Mereka menjual smartphone tersebut dengan harga 16.999 yuan, atau sekitar $ 2.400 AS.

Terdengar jauh lebih mahal dari Galaxy Fold yang dijual di harga $ 2.000. Meskipun itu juga bukan harga yang murah untuk sebuah perangkat komunikasi.

Tetapi kalian akan memiliki perangkat unik berkemampuan 5G yang dapat dilipat dan dibuka layarnya untuk menghadirkan tampilan 8 inci yang terasa sangat besar. Bahkan jika dibandingkan dengan layar Fold yang hanya 7,3 inci.

Ponsel lipat Huawei Mate X dirilis di pasar Tiongkok (engadget.com)

Namun, belum ada informasi yang lebih lanjut kapan ponsel ini akan diluncurkan di negara lain. Huawei mengatakan pada Oktober bahwa akses Mate X bergantung pada penyebaran jaringan 5G di negara lain dan ekspansi itu sedang dalam proses peninjauan.

Smartphone Mate X mungkin menghadapi peluang sulit di luar negara asalnya. Pasalnya Huawei sampai sekarang masih bermasalah dengan AS sehingga semua ponsel mereka tidak memiliki aplikasi utama Google. Sedangkan akses tersebut sangat penting untuk ponsel di wilayah seperti Eropa dan Amerika Utara.

Dan dengan harga semahal itu, tak akan banyak wilayah pasar lain yang akan memborongnya dengan jumlah yang banyak. Sehingga mau tak mau mereka akan tetap kembali ke Galaxy Fold karena smartphone tersebut tidak memiliki masalah yang serupa.

Ponsel lipat Huawei Mate X dirilis di pasar Tiongkok (youtube.com)