Faedah Menghadapi Masalah dengan Bersyukur, Lebih Baik Daripada Emosi

Daripada emosi saat menghadapi masalah, mending kita bersyukur saja. Lebih banyak faedahnya gengs.

Masalah bisa saja datang ke siapa saja dan tak ada yang meminta kehadirannya. Bahkan ketika kita sedang dalam kondisi yang tidak maksimal untuk menghadapinya.

Tetapi jangan buru-buru tenggelam dalam emosi. Lebih baik kita menghadapinya dengan bersyukur atas kehadiran masalah tersebut. Karena lebih berfaedah gengs. Ga percaya? Lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Bersyukur memaksimalkan fungsi otak

Bagi beberapa orang, ketika ia mendapat masalah ia justru akan senang dan bersyukur. Pasalnya dengan hadirnya masalah, otak akan bekerja untuk menemukan solusi dan jalan keluar.

Orang-orang seperti ini akan berusaha dan berpikir positif. Otak akan berfungsi lebih maksimal dan terlatih untuk menghadapi masalah lain jika suatu saat terjadi.

Bersyukur lebih berfaedah dalam menghadapi masalah (sharp.com)

2. Masalah bisa mendewasakan

Selain dari segi logika, mental seseorang akan terlatih dengan bersyukur kala menghadapi masalah. Karena setiap masalah dapat diambil pelajaran yang akan membuat seseorang semakin dewasa.

Pengalaman demi pengalaman akan lebih mudah diserap jika dijalani sendiri. Hingga akhirnya mereka akan menjadi sosok yang bijak dan dewasa dalam menjalani hidup.

Bersyukur lebih berfaedah dalam menghadapi masalah (pinterest.com)

3. Meningkat derajat dengan mensyukuri masalah

Menghadapi masalah dengan emosi hanya akan membuat seseorang terlihat semakin kacau hidupnya. Berbeda kala ia bersyukur tanpa mengeluh secara berlebihan. Sosok seperti ini akan dianggap mulia di mata orang lain.

Semakin banyak masalah yang dilalui dengan bersyukur, seseorang akan memupuk kebijaksanaan. Dengan begitu apa yang ia bicarakan saat menghadapi masalah dinilai berarti bagi orang di sekitarnya.

Bersyukur lebih berfaedah dalam menghadapi masalah (skipprichard.com)

4. Bersyukur bahwa Tuhan masih peduli

Seorang yang religius dapat melihat masalah sebagai bentuk kepedulian Tuhan terhadap hamba-Nya. Ia lantas bersyukur karena Tuhan masih ingin menjadikan hamba-Nya lebih berkualitas dan menjadi manusia lebih baik lewat masalah yang diberikan-Nya. 

Karena pada hakikatnya kita tidak bisa dikatakan sebagai orang yang benar-benar berkualitas sebelum berhasil melewati berbagai cobaan hidup yang sulit, bahkan menyakitkan.

Bersyukur lebih berfaedah dalam menghadapi masalah (heavensreignministry.com)

5. Bersyukur banyak pelajaran bisa dipetik

Di balik setiap masalah, pasti ada banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik oleh seseorang? Bersyukur dan belajar dari masalah akan mencegah diri terjebak dalam problema yang sama.

Jadi daripada emosi dulu karena mendapat masalah, lebih baik tentu menghadapinya dengan bersyukur karena akan ada ilmu yang bisa dipetik dan dimanfaatkan di kemudian hari.

Bersyukur lebih berfaedah dalam menghadapi masalah (leanconstructionblog.com)