Hewan Paling Bau di Dunia, Minggir Aja Deh Kalau Ketemu Mereka

Kalau kalian ketemu salah satu dari hewan di bawah ini, mending minggir saja. Soalnya hewan-hewan ini adalah yang paling bau di dunia.

1. Sigung

Siapa yang tak kenal dengan hewan yang satu ini. Ia memang dikenal paling bau di dunia yang bahkan kerap muncul di film kartun anak-anak. Yang membuat sigung terkenal paling bau adalah bau "kentutnya".

Sigung memiliki kelenjar bau di sekitar anusnya yang akan aktif ketika mereka merasa dalam bahaya. Minggir saja deh kalo ketemu, karena bau kentut sigung bisa nempel hingga berhari-hari.

Hewan paling bau di dunia (sciencenews.org)

2. Stinkbird

Burung ini memiliki bakteri di dalam perut yang bertugas untuk memfermentasi makanan yang masuk. Dari sini Stinkbird mendapat gelar hewan paling bau. Dilansir dari World Atlas, kotoran dari burung ini jauh lebih busuk dari sekedar kotoran hewan biasa. Padahal yang mereka makan juga sama dengan yang lain seperti daun, bunga, dan buah-buahan.

Hewan paling bau di dunia (malcolmschuyl.com)

3. Tamandua

Tamandua memiliki sistem pertahanan yang sama dengan yang dimiliki sigung. Ia akan mengluarkan bau yang sangat menyengat dari belakang. Salah satu spesies anteater ini memiliki kelenjar yang memproduksi bau yang sangat tidak disukai hewan predator. Bau tamandua sangatlah kuat bahkan bisa tercium hingga radius 48 meter, menurut World Atlas.

Hewan paling bau di dunia (aboutanimals.com)

4. Wolverine

Karekter populer dari komik Marvel memang mengambil inspirasi dari hewan yang satu ini. Tapi mungkin tidak dengan baunya. Wolverine tak memilki cakar adamantium untuk bertahan hidup. Alih-alih mereka menggunakan bau yang tak sedap untuk menandai teritorinya. Saking tidak enaknya, hewan yang masih memiliki hubungan dekat dengan musang ini sering dijuluki sebagai kucing jorok.

Hewan paling bau di dunia (animals.howstuffworks.com)

5. Tasmanian devil

Hewan khas pulau Tasmania di Australia ini juga dikenal luas karena jadi inspirasi karakter kartun Warner Bros. Tasmanian devil yang tergolong marsupial ini dapat mengeluarkan bau ketika mereka stres sehingga predator akan berpikir dua kali untuk memakannya.

Menurut penjelasan Nat Geo Wild, para ahli awalnya mengira bahwa bau busuk itu adalah bau tubuh mereka secara alami. Akan tetapi ternyata ketika mereka tenang, bau tersebut tidak tercium.

Hewan paling bau di dunia (independent.co.uk)