Tradisi Pernikahan yang Nggak Melulu Harus Kamu Ikuti

Sekali-kali bikin sesuatu yang beda lah. Kenapa harus mengikuti tradisi pernikahan yang itu-itu saja sih.

Sebagai hari yang paling spesial dalam kehidupan seseorang, pernikahan biasanya dibuat se-wah mungkin. Hingga akhirnya beberapa elemen seperti menjadi tradisi dalam acara memadukan cinta dua sejoli.

Namun ketika zaman berubah, beberapa tradisi pernikahan dirasa kurang relevan lagi. Kamu nggak melulu harus mengikuti tradisi tersebut. 

Lebih baik manfaatkan momen bahagia tersebut untuk mencetak ingatan yang merepresentasi dirimu. Alias elo banget deh gengs. Kira-kira apa saja ya tradisi pernikahan yang nggak melulu harus diikuti? 

1. Gaun Berwarna Putih

Kenapa gaun pernikahan itu kalau dibayangan kita selalu yang berwarna putih? Padahal, kamu bisa memakai warna apa pun sesuai seleramu. Tradisi ini udah nggak perlu diikuti lagi. 

Nggak usah ragu memakai gaun berwarna selain putih di acara pernikahanmu. Sesuaikan saja dengan tema pesta. Pasti akan terasa semakin berkesan di dalam foto album nanti.

Tradisi pernikahan yang nggak harus diikuti (isueer.com)

2. Sepatu Hak Tinggi

Jika kamu bikin acara nikahnya di dalam gedung, mungkin masih diminta sama paes buat pakai sepatu berhak tinggi. Tapi dengan tema nikahan yang semakin kreatif saat ini, seperti garden party, mending pake sneakers aja.

Walau masih diselenggarakan di dalam gedung pun, sudah banyak yang meninggalkan tradisi pengantin perempuan memakai sepatu hak tinggi. Dan agar tetap formal pilihlah warna putih atau gold untuk sepatu non hak tinggimu.

Tradisi pernikahan yang nggak harus diikuti (tokopedia.com)

3. Makeup Tampil Beda

Dulu tujuan makeup pengantin perempuan tampil beda adalah biar dia kelihatan mencolok jika dibandingkan dengan tamu-tamu undangan. Tetapi banyak yang hasilnya tak sesuai dengan rona wajah aslinya. Maka dari itu tradisi makeup ini sudah banyak ditinggalman. 

Kalau sekarang lebih baik kamu hanya perlu menonjolkan keunggulan lekuk paras. Pilik makeup yang memberikan kesan natural. Tujuannya adalah kamu merasa nyaman selama acara dan ketika dalam foto, ekspresi bahagiamu menjadi lebih nyata.

Tradisi pernikahan yang nggak harus diikuti (hitched.co.uk)

4. Turun Berat Badan

Standar kecantikan saat ini tak lagi melihat wanita itu harus tampil langsing di acara spesialnya. Yang lebih penting untuk diperhatikan sekarang justru adalah tubuh sehat dan menjaga stamina. Jangan malah diet ketat sampai nggak makan gengs.

Jika kamu dalam kondisi yang prima saat acara pernikahan, kamu bisa sangat menikmati hari tersebut. Apalagi sekarang acara nikah banyak ragam kegiatannya. Dan kamu juga bisa tampil maksimal di hadapan juru foto.

Tradisi pernikahan yang nggak harus diikuti (weddingwire.com)

5. Prewed Mahal

Sekali lagi tradisi prewed mahal-mahal juga perlu kamu pikirkan lagi urgensinya. Selain tradisi prewed tidak benar-benar mutlak harus ada, dengan sedikit kreatifitas kamu bisa bikin foto prewed yang pantas dipajang di gedung resepsi.

Tak perlu nyari lokasi eksotis buat prewed, cukup di sekitar saja. Karena esensi foto prewed adalah keseharian yang kalian jalani sebelum menikah. Kondisi yang merepresentasikan siapa kalian. Dan jika berada di tangan yang estetik, hasil fotonya tetap akan wah.

Tradisi pernikahan yang nggak harus diikuti (popbela.com)