Burger McD Terakhir di Islandia Genap Berusia 10 Tahun, dan Gak Membusuk!

Burger McD terakhir di Islandia ini genap berusia 10 tahun. Dan gak membusuk!

Burger McD terakhir yang kalian makan, gimana rasanya? Buat kamu yang suka makanan cepat saji ini sih pasti bakal bilang enak. Atau mungkin udah lupa ya, jadi bisa beli lagi gitu kalo lagi lapar.

Tapi kalian tuh harus tau kalo burger McD terakhir di Islandia ini justru gak pernah dimakan sama yang beli. Soalnya, itu adalah burger McD terakhir yang bener-bener terakhir yang pernah dijual di sana.

Kini, burger McD terakhir di Islandia itu telah berusia 10 tahun gengs. Dan gokilnya, burger mcd itu keliatannya gak membusuk sama sekali deh.

Wujud burger McD itu tampak gak banyak berubah. Keliatannya juga masih bisa dimakan. Tapi, kamu mau makan burger yang dibeli kemaren, 10 tahun yang lalu? Wkwkwk.

Alhasil, burger McD itu sekarang jadi benda bersejarah di Islandia. Soalnya, McDonald's resmi menutup semua gerai di sana sejak 10 tahun yang lalu. Jadi, kalian gak bakal nemuin gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat itu di Islandia.

Penutupan gerai McDonald's terakhir di Islandia terjadi pada 31 Oktober 2009 silam. Saat penutupan gerai McDonald's itu, seorang lelaki bernama Hjortur Smarasson mendapat 'kehormatan' untuk membeli burger McD terakhir tersebut.

Seorang lelaki di Islandia beli burger McD terakhir (unsplash.com)

Burger McD terakhir itu dibeli Hjrotur emang sebagai kenang-kenangan sih. Tapi, Hjortur juga ingin membuktikan desas-desus yang menyebutkan bahwa burger McD gak membusuk meski telah disimpan dalam jangka waktu yang lama sekalipun.

Gak cuma burger McD sih, Hjortur juga membeli french fries McD terakhir di Islandia.

"Saya memutuskan untuk membli makanan terakhir karena nilai historisnya, sebelum McDonald's ini benar-benar tutup," kata Hjortur, seperti dikutip dari Oddity Central.

Hjortur pun langsung menyimpan dua makanan cepat saji McDonald's itu setelah dia beli. Dia masukkan burger McD terakhir itu ke dalam kantong plastik, berikut french fries-nya. 

Tapi karena itu burger terakhir, jadi gak dimakan (organicauthority.com)

Pokoknya, kedua makanan cepat saji terakhir di Islandia itu gak pernah dia sentuh selama tiga tahun semenjak dibeli.

Gokilnya, tiga tahun kemudian Hjortur menemukan bahwa burger McD terakhir itu gak berubah sama sekali. Warna dan tampilannya gak banyak berubah, sama kayak pas dia beli tiga tahun sebelumnya.

Hjortur bahkan sempat meminjamkan makanan cepat saji bersejarah itu kepada Museum Nasional Islandia selama beberapa tahun. Burger McD dan french fries itu bahkan juga sempat berpindah tempat ke Hostel bus Reykjavik untuk dipamerkan juga.

Akhirnya, kedua makanan itu ditempatkan di Snorta House, sebuah bangunan asrama yang terletak di Thykkvibaer, Islandia Selatan.

Burger McD terakhir di Islandia, keliatan masih bisa dimakan ya (ndtv.com)

Di Snorta House, burger Mcd terakhir dan french fries itu diletakkan di dalam wadah kaca. Makanan itu dijadikan pajangan seperti halnya karya seni. Tapi emang gokil sih, dua makanan cepat saji tadi tetap bertahan dan tetap menarik perhatian meski udah berusia beberapa tahun.

Banyak orang datang ke Snorta House untuk melihat burger McD terakhir dan french fries McDonald's terakhir itu. Menurut Sigurdur Gylfason, si pemilik asrama, terhitung sebanyak 400 ribu orang datang ke sana untuk melihat dua makanan cepat saji McDonald's itu.

Setelah usia 10 tahun pada 31 Oktober 2019 lalu, burger McD terakhir dan french fries itu tetap gak membusuk sama sekali. Tapi, tekstur roti burger McD itu udah berubah jadi keras.

Terkait hal ini, pihak McDonald's pun ikut menanggapi kondisi makanan tersebut. Menurut pihak McDonald's, dua makanan cepat saji itu gak membusuk kalo gak disimpan dalam keadaan yang lembab.

Kini, burger itu genap berusia 10 tahun (insidehook.com)

"Agar dekomposisi terjadi, itu memerlukan kondisi tertentu khususnya kelembaban. Tanpa kelembaban yang cukup, baik dalam makanan itu sendiri atau lingkungan, maka bakteri dan jamur tidak akan tumbuh," ujar pihak McDonald's.

Kalo kalian jalan-jalan ke Islandia, kalian juga bisa lihat dua makanan cepat saji McDonald's itu kok. Pokoknya, gak membusuk deh meski udah berusia 10 tahun ini. Gak tau deh kalo 10 tahun lagi.

Pokoknya bukan untuk dimakan, cuma buat dipajang aja sih (picdeer.org)