Beberapa Makanan Mahal yang Tadinya Murah dan Sepele

Beberapa makanan mahal yang tadinya murah dan sepele. Udah pernah nyobain belom gengs?

Ada beberapa makanan mahal yang tadinya tuh cuma makanan murah. Malah dianggap sepele sama banyak orang di jaman dulu.

Tapi jaman ikut mengubah makanan-makanan ini menjadi sejumlah makanan mewah yang harganya selangit. Kalian caviar atau lobster? Ya, itu dua di antara makanan mahal yang tadinya murah dan sepele.

Biar kalian gak asal makan tanpa tau sejarah di baliknya, kalian simak dulu nih ulasan tentang beberapa makanan mahal yang tadinya makanan murah dan sepele.

#Caviar

Caviar atau telur ikan di jaman sekarang harganya bisa jutaan rupiah gengs per gramnya. Padahal pada abad 19 silam, caviar bisa sangat mudah ditemukan di mana-mana.

Saking banyaknya, makanan mewah ini dibagi-bagikan secara gratis di bar-bar gitu. Tapi sekarang, caviar jadi menu di restoran fine dining dan terkenal banget. Harganya mahal, disajikan sedikit banget~

Caviar dulunya cuma makanan sepele (amazon.com)

#Foie gras

Makanan yang satu ini mungkin bisa dibaca 'fwaigra' kali ya (hehehe). Dalam bahasa Prancis, 'foie gras' berarti 'hati gemuk', dan ini adalah salah satu menu makanan mahal yang terkenal.

Makanan ini sebenernya adalah hati angsa yang dibikin gemuk. Sejarahnya, angsa-angsa di jaman Mesir kuno tuh dicekokin makanan terus menerus sampe gemuk. Praktik pemaksaan makan kepada angsa-angsa ini kemudian dilestarikan hingga ke Eropa oleh masyarakat Yahudi di zaman Renaissance.

Foie gras menjadi salah satu makanan masyarakat Yahudi di jaman itu karena dianggap nggak melanggar aturan makan Yahudi. Meski kontroversial, foie gras yang dulunya adalah makanan murah dan sepele, kini berubah jadi makanan mewah yang terkenal. Harganya pun mahal beut.

Foie gras, hati bebek gemuk, mahal bat ini (independent.co.uk)

#Bekicot

Bekicot adalah hewan yang bisa kalian temukan dengan mudah di areal persawahan. Tapi siapa yang sangka kalo ini adalah salah satu makanan mahal dan bersejarah karena telah disantap banyak orang sejak zaman Yunani dan Romawi.

Sebelum diolah jadi makanan mewah, bekicot bisa diambil gitu aja di sawah, otomatis harganya pun murah dong. Sepele banget. Tapi kalo udah tersaji di atas piring di restoran terkenal ala Prancis misalnya, harganya bukan main mahalnya.

Bekicot atau 'escargot' diperkenalakan sebagai kuliner mewah dari Prancis.

Bekicot gengs, bisa mahal harganya~ (thefrenchcookingacademy.com)

#Sayap ayam

Ya elah, sayap ayam beli di pasar juga murah kali. Lagian di sini gak banyak sih orang yang pengin makan sayap ayam. Tapi beda ceritanya kalo di luar negeri.

Sayap ayam adalah salah satu makanan populer yang harga jualnya sekarang jadi tambah mahal gengs. Padahal sejarahnya, makanan mahal ini tuh cuma bagian badan ayam yang bisa diberikan oleh pedagang secara gratis.

Sekarang, kita bisa temukan makanan ini di menu restoran mewah dengan sebutan 'chicken wings'. Kalo pesen chicken wings, coba request sayap ayam yang kanan sama kiri ya gengs. Wkwkwk.

Chicken wings gengs, enak nih keknya~ (shutterstock.com)

#Polenta

Sejarah mencatat bahwa polenta adalah makanan yang populer di antara kalangan pekerja di Italia. Polenta sendiri adalah bubur jagung (cornmeal) yang enak sih.

Entah kenapa, makanan ini berubah jadi makanan mahal padahal dulunya cuma makanan murah dan sepele. Kemungkinan besar, makanan ini berubah jadi makanan mewah karena dijadikan makanan mewah oleh chef Amerika.

Polenta gengs, ada yang pernah coba? (foodnetwork.com)

#Lobster

Sejarah juga mencatat bahwa lobster tadinya adalah makanan untuk orang miskin di Amerika. Makanan ini begitu murah dan sepele gengs jaman dulu. Makanan ini bisa diperoleh dengan mudah di kawasan pesisir.

Bahkan, tumpukan cangkang lobster yang tersebar di sekitar rumah penduduk dianggap sebagai simbol kemiskinan. Tapi jaman sekarang, lobster berubah jadi makanan mahal gengs.

Harga per ons aja bisa mahal banget. Banyak juga sih orang yang suka, entah karena udah jadi makanan mewah atau gimana.

Lobster tuh dulu makanan murah dan sepele gengs~ (travelandleisure.com)

#Buntut sapi

Buntut sapi nasibnya hampir sama lah kayak sayap ayam tadi. Buntut sapi adalah bagian dari badan sapi yang bisa dibeli dengan harga murah banget dulu.

Tapi popularitas buntut sapi meningkat setelah sajian khas Karibia sempat digandrungi masyarakat Amerika. Tapi kalo di sini, sop buntut sapi ya masih terjangkau lah harganya.

Buntut sapi tadinya dibagikan gratis, sekarang ... (bbc.co.uk)

#Tiram

Tiram juga nih, tadinya ini adalah makanan populer. Yang jelas bukan untuk kalangan kelas atas di Prancis. Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di perairan Prancis, bahkan populasinya sangat banyak. Maka, haraganya pun murah.

Dari dulu, makanan ini bisa aja jadi makanan mahal kalo badai. Soalnya penangkapan tiram mentah jadi susah. Sampe akhirnya tiram-tiram itu dibudidayakan dan harganya jadi sangat mahal sekarang.

Tiram yang tinggal diseruput itu, mahal banget harganya loh (today.com)

#Sushi

Makanan yang sekarang jadi makanan mewah asal Jepang ini tadinya juga cuma makanan murah dan sepele. Sejarahnya, makanan ini adalah cara untuk mengawetkan ikan. Karena nasinya udah difermentasi.

Tapi setelah Perang Dunia II, sushi diperkenalkan ke Amerika dan menjadi sajian eksotis dari Asia. Sushi juga ikut populer di dunia karena menggunakan ikan mentah.

Popularitas sushi terus meningkat, dan makanan ini jadi salah satu makanan mewah dari Asia. Begitu juga dengan ikan mentah hingga bermunculan restoran sushi mahal di dunia.

Jadi itu dia beberapa makanan mahal yang tadinya murah dan sepele. Kalian udah pernah nyobain semuanya belom?

Sushi juga nih, berubah jadi makanan mahal (unsplash.com)