Beberapa Fakta Unik Islandia, Negeri Es Paling Damai di Dunia

Ini dia beberapa fakta unik Islandia. Negeri es paling damai di dunia.

Negara-negara di dunia ini punya keunikannya masing-masing. Negara A punya sesuatu yang gak dimiliki negara B, dan sebaliknya. Begitu seterusnya sampe seluruh dunia.

Segala hal yang unik itu bikin banyak orang pengin menjelajah ke sana. Menemukan berbagai hal yang belum mereka ketahui. Misalnya, ke Islandia.

Negara yang terletak paling utara di Bumi ini sebelumnya jarang terekspos orang. Tapi kini, negeri es itu jadi menarik banyak wisatawan karena berbagai macam keunikannya.

Btw, Islandia dikenal juga sebagai negara yang paling aman dan damai di seluruh dunia. Belum lagi keindahan alam Islandia yang jarang tersentuh orang.

Sekarang kita jalan-jalan kuy ke Islandia. Simak juga beberapa fakta unik Islandia, Negeri Es paling damai di dunia.

Peta 'Negeri Es' Islandia (3d-relief.com)

#1

Islandia adalah satu-satunya negara yang terbebas dari nyamuk. Di sana gak ada nyamuk sama sekali gengs. Pokoknya gak perlu bawa lotion anti-nyamuk kalo ke sana. Karena ya ngapain juga, hehehe.

Hal ini terjadi karena faktor iklim. Kita aja kedinginan kalo ke negeri es itu, gimana nyamuk coba? Pokoknya, di Islandia tuh gak ada hewan penghisap darah. Damai banget pastinya.

Gak ada nyamuk sama sekali di Islandia (nypost.com)

#2

Selain gak ada nyamuk dan hewan penghisap darah lainnya, di Islandia ternyata gak ada McDonald's juga gengs. Jangan harap kalian bisa makan Big Mac di Islandia karena gerai resto cepat saji ini tutup semua sejak 2009 lalu.

Ini terjadi karena krisis finansial yang dialami Negeri Es itu. Tapi ada sisanya kok, burger dan french fries terakhir yang dibeli. Tapi, makanan itu juga cuma jadi pajangan di sebuah hotel.

Burger dan french fries terakhir di Islandia (reddit.com)

#3

Meski gak ada satupun gerai McD di negara damai itu, masyarakat Islandia ternyata doyan banget sama Coca Cola. Warga Islandia sangat suka sama minuman yang satu ini.

Fakta unik nih ... saking doyannya sama Coca Cola, negara ini disebut sebagai negara pengkonsumsi Coca Cola terbanyak di dunia.

Coca Cola adalah minuman paling laris di Islandia (coca-colacompany.com)

#4

Makan hot dog enak kali ya pake Coca Cola? Yap, selain hot dog, Islandia juga dikenal sebagai negara pengkonsumsi hot dog gengs. Penjual hot dog banyak banget di sana.

Banyak lho turis yang mengakui bahwa rasa hot dog di Negeri Es itu jauh lebih enak dari hot dog mana pun di dunia. Soalnya, sosis yang digunakan terbuat dari daging kambing atau domba. Itu pasti enak banget ya ....

Hot dog Islandia tuh terkenal enak loh gengs~ (ganda-ganda.com)

#5

Soal makanan, beberapa kuliner Islandia juga terkenal ekstrem gengs. Misalnya makanan bernama 'hakarl'. Makanan itu termasuk sebagai kuliner tradisional di sana.

Hakarl adalah makanan berupa daging ikan hiu atau ikan paus. Daging ikan itu biasanya dijemur dalam kurun waktu lama. Berbulan-bulan kayaknya, bertahun-tahun juga bisa. Kemudian difermentasi, dan inilah fakta unik yang harus kalian tau ....

Hakarl, daging ikan hiu yang difermentasi (theculturemap.com)

#6

Soal hewan peliharaan, Islandia terkenal cukup ketat juga memberlakukan aturan. Beberapa hewan yang bisa dipelihara dianggap ilegal di sana. Misalnya kura-kura, ular, atau kadal.

Langkah ini dilakukan otoritas berwenang di Negeri Es itu demi mencegah wabah penyakit. Lagian, tujuannya juga baik kok ... demi melindungi spesies asli.

Ada beberapa hewan yang gak boleh dipelihara di Islandia (turtleowner.com)

#7

Islandia dijuluki juga sebagai 'Negeri Es'. Tapi jangan pikir seluruh wilayah di negara itu bener-bener dingin. Soalnya, Islandia memiliki lebih dari 125 gunung berapi. Sebagian malah masih aktif.

Katanya nih, gunung-gunung di negara itu bisa erupsi 4-5 kali setahun. Makanya, Islandia juga menyandang gelar 'Negara Api' juga. Unik banget yak~

Islandia punya banyak gunung berapi loh (express.co.uk)

#8

Islandia emang sejatinya Negeri Es kok. Soalnya, negara ini gak begitu jauh dari titik nol Kutub Utara. Selain itu, ada banyak banget gletser di negara itu.

Salah satu gletser terbesar di Eropa adalah Vatnajökull. Lokasi gletser itu pun menjadi bagian dari sebuah taman nasional di sana.

Goa es di Taman Nasional Vatnajökull (getyourguide.com)

#9

Satu lagi yang jadi fakta unik 'Negeri Es' Islandia adalah rumah peri. Tapi bukan rumah Mimi Peri ya! Di Islandia kita bisa menemukan banyak rumah kecil, kayak rumah-rumahan Barbie gitu gengs.

Rumah itu dipercayai sebagai tempat tinggal para huldufólk, atau sejenis peri. Rumah-rumah kecil itu sengaja dibuat oleh masyarakat Islandia di berbagai lokasi di negara pulau itu. Mungkin Negeri Es itu damai karena banyak peri.

Rumah-rumah peri begini banyak banget di Islandia (mentalfloss.com)

#10

Negara paling utara di dunia ini juga terkenal akan kekayaan alamnya. Keindahan alam Islandia juga didukung oleh berbagai teknologi ramah lingkungan.

Islandia menyediakan energi ramah lingkungan itu untuk semua warganya. Hebat ya ....

Islandia pun sukses mengubah gaya hidup masyarakatnya berkat energi terbarukan dari panas bumi. Negara itu gak lagi bergantung dengan ketersediaan batu bara. Standar hidup di Islandia pun kini lebih tinggi.

Jadi, udah ada rencana belom nih buat jalan-jalan ke Islandia? Negeri Es ini damai, aman, nyaman, dan tenang. Yaiyalah, gak ada nyamuk gengs. Hehehe.

Energi ramah lingkungan tersedia untuk warga Islandia (en.wikipedia.org)