Alasan Tetap Santuy Ketika Menghadapi Masalah

Tak ada alasan untuk emosian saat menghadapi masalah. Justru kita malah harus santuy.

Menahan emosi saat menghadapi masalah adalah hal yang paling penting dalam proses pendewasaan. Pasalnya ketika kita tidak bisa mengontrolnya, masalah bukan malah selesai tetapi bisa semakin rumit. 

Apapun situasinya, sebisa mungkin kita harus tetap santuy gengs. Berikut ini adalah alasan mengapa kita harus tetap berkepala dingin. Hadapi masalah dengan tujuan untuk menyelesaikannya, bukan malah membuatnya semakin ambyar.

1. Masalah adalah sesuatu yang mudah

Usahakan untuk tidak mengeluh terlebih dahulu ketika mendapati masalah. Karena otak kalian akan sulit bekerja dalam menemukan pemecahan masalah. Ini yang disebut dengan perilaku mental yang posiitif. Seberapa beratnya sebuah masalah, jika dihadapi dengan kerja keras maka akan selesai dengan sendirinya di kemudian waktu.

Tetap santuy menghadapi masalah (dancemusicproduction.com)

2. Masalah apapun pasti akan berakhir

Tak ada masalah yang akan terus bertahan dalam hidup. Pasti akan ada akhirnya, ya kalau nggak berakhir buruk, tentu saja akan menjadibaik. Masalah pasti bakal selesai baik dengan kegagalan atau kemenangan. Semua tergantung dari usaha dan doa kamu. Intinya, masalah apapun harus kamu syukuri baik akhir dari masalahmu adalah sesuatu yang kamu suka atau tidak.

Tetap santuy menghadapi masalah (popsugar.com.au)

3. Masalah adalah langkah pendewasaan diri

Setiap kali kita menghadapi masalah dan berusaha untuk memecahkannya, kita akan belajar untuk menjadi lebih dewasa. Jadi santuy saja gengs. Anggap saja ini adalah upaya mu untuk menjadi sosok yang lebih bijaksana dan dewasa dalam bersikap. Nggak perlu emosi dulu saat mendapatinya.

Tetap santuy menghadapi masalah (reddit.com)

4. Masalah melatih pola pikirmu

Pendewasaan diri salah satunya adalah dengan melatih pola pikir. Semakin kerap kamu menghadapi masalah dan menyelesaikannya, maka akan semakin kritis dan logis cara berpikirmu nanti. Semakin mudah nantinya untuk menentukan antara yang benar dan yang salah.

Tetap santuy menghadapi masalah (makeameme.org)

5. Masalah harus dihadapi bukan dihindari

Di lain sisi, ketika kamu menghadapi masalah maka masalah akan berpeluang untuk semakin bertambah, sedikit berkurang dan bahkan menghilang dari dirimu. So, lebih baik kamu menghadapi masalah kan? Karena akan ada peluang  masalahmu jadi terselesaikan dan akan berakhir ketenangan bagi dirimu sendiri.

Tetap santuy menghadapi masalah (pinterest.com)