Jalan-jalan ke Gotham City Kuy, Kota Tempat Tinggalnya Joker

Jalan-jalan ke Gotham City kuy, kota tempat tinggalnya Joker. Beneran ada loh.

"Joker" belakangan lagi rame dibahas di mana-mana. Joker di filmnya yang lagi happening banget itu tinggal di Kota Gotham. Kota yang sama tempat musuhnya beraksi menumpas kejahatan, Batman.

Gotham City yang kita ketahui sejauh ini emang cuman ada di komiknya DC sih. Kota itu dianggap mirip dengan Kota New York yang metropolitan, penuh dengan gedung tinggi dan kejahatan.

Terus beneran ada gak sih?

Ya beneran ada lah gengs. Gotham yang beneran di dunia nyata tuh bukan kota, melainkan kawasan pedesaan. Tepatnya di Desa Nottinghamshire, Inggris.

Dalam sensus penduduk tahun 2011 silam, populasi Gotham gak nyampe 1.600-an orang. Jadi gak se-metropolis seperti digambarkan dalam komik DC.

Dalam sebuah artikel di BBC.com, Gotham yang beneran tuh punya kaitan erat dengan Gotham City di komik atau kartun Batman.

Joker kan tinggal di Gotham ya~ (collider.com)

Debut Batman pertama kali pada Detective Comics nomer 27 terbitan tahun 1939. Dua edisi setelahnya, nomer 29, latar tempat Batman beraksi masih disebut sebagai "kota metropolis yang ramai". 

Tapi kemudian, dua edisi setelah itu, kota tadi disebut dengan jelas sebagai "New York".

"(Setelah itu) penulis Bill Finger mengatakan bahwa ia mengubah namanya menjadi Gotham setelah melihat-lihat buku telepon dan mendapati nama Gotham Jewelers," tulis BBC dalam artikel tadi.

Setelah itu, adopsi nama Gotham itu baru diakui para penulis cerita Batman beberapa tahun kemudian lewat sejumlah kisah dalam komik Manusia Kelelawar itu. Gotham yang mereka maksud adalah kawasan Gotham di Nottinghamshire.

Ini Gotham yang beneran, di Inggris (amusingplanet.com)

Gotham yang beneran ada di dunia nyata juga dideskripsikan sebagai sebuah tempat khas pedesaan yang jauh dari keramaian kota. Namun, BBC juga menguak sebuah sejarah tentang 'kegilaan' yang terkadi di Gotham.

"Sebuah kisah menyebut bahwa Raja John, yang juga jadi antagonis dalam kisah Robin Hood, berencana melewati Gotham dalam perjalanan menuju Nottingham," tulis BBC.

Dampak dari rencana sang raja ini adalah pembangunan Royal Highway yang menembus Gotham.

Komik Batman pertama kali muncul tahun 1939 (firewireblog.com)

Para penduduk lokal ternyata gak sepakat dengan ide itu. Mereka kemudian berkomplot untuk pura-pura sinting. Sintingnya bahkan bisa 'menular'.

Singkat cerita, trik warga Gotham di masa silam itu sukses. Sampe ada ungkapan, "Ada banyak orang sinting yang melewati Gotham ketimbang menetap di dalamnya'.

Kisah 'kegilaan' Gotham ini dengan cepat menyebar. Akhirnya, kisah ini pun terangkum juga dalam sejumlah buku. Salah satunya buku "The Meria Tales of the Mad Men of Gotham" yang dirilis 1565 silam.

Di balik itu, seorang penulis Amerika Serikat bernama Washington Irving disebut-sebut sebagai orang pertama yang mengaitkan Gotham di Inggris degan New York. Tahun 1807, Irving berulang kali merujuk manhattan sebagai Gotham dalam sebuah terbitan rutin yang berisi satir tentang penduduk Kota New York.

Sekilas pemandangan Gotham di Inggris (bbc.co.uk)

Sementara di masa kini, otoritas Gotham di Inggris juga terus berupaya menjadikan kawasan itu sebagai sister city-nya New York. Sayang, upaya itu belum membuahkan hasil. 

Tapi minimal usaha itu telah mendapat perhatian dari mantan Wali Kota New York Rudolph Giuliani.

Yak, itulah sekilas kisah tentang Gotham yang beneran di dunia nyata. Letaknya di sebuah desa kecil di Inggris. Tapi, Joker gak tinggal di sana kok.

Pemandangan Gotham di Inggris, sepi~ (independent.co.uk)