Di Negara Ini Pengemudi Gak Bisa Main Hape Sambil Berkendara

Di negara ini, pengemudi gak bisa main hape lagi sambil berkendara. Kenapa?

Main hape sambil berkendara tuh membahayakan diri sendiri dan orang lain. Nah, di negara ini pengemudi gak bisa main hape sambil berkendara lagi. Di mana hayo?

Tepatnya di negara bagian New South Wales (NSW), Australia. Para pengemudi di sana dipaksa untuk fokus berkendara dan gak boleh menggunakan ponsel. Sebab, ancaman hukuman berupa denda akan diberlakukan.

NSW yang beribukota di Sydney itu memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Beberapa kamera yang disebar di jalan bisa mendeteksi ponsel yang sedang dipegang pengemudi.

Sementara kamera lainnya akan memotret nomor plat mobil tersebut. 

Pengemudi yang terdeteksi lagi main hape saat berkendara akan diperiksa berdasarkan hasil rekaman oleh otoritas jalan raya setempat. Selajutnya, surat peringatan dan denda akan dikenakan pada orang itu.

Wah, yang begini-begini nih ... bahaya! (multivu.com)

Andrew Constance, Menteri Transportasi negara bagian NSW, mengatakan bahwa langkah ini diambil sebagai upaya menyelamatkan jiwa para pengguna jalan raya.

Gak peduli siang, malam, atau lagi hujan sekalipun, siapa aja bisa kena kalo melanggar. Sebab, kamera berkualitas high-definition dengan teknologi AI di dalamnya itu bisa mengenali ponsel yang dipegang para pengemudi saat melaju di jalan raya.

Sejak Januari hingga Juni 2019, kamera percobaan berteknologi AI ini telah dipasang. Kamera itu telah mendeteksi sekitar 8,5 juta kendaraan yang melewatinya.

Nah lho, ketauan main hape sambil nyetir tuh (autoblog.com)

Hasilnya ... kamera itu berhasil mendeteksi lebih dari 100 ribu pengemudi yang sedang memegang atau menggunakan hape. Pada gak sadar kamera kayaknya ya.

Pemerintah NSW mengatakan, kebanyakan pengemudi yang terdeteksi lagi main hape tuh sedang membuka Facebook. Mereka juga kedapatan lagi mengetik pesan, atau meminta penumpang di sebelahnya untuk memegan setir ketika ia lagi main hape.

Kamera dengan teknologi AI yang dipasang di seluruh NSW bakal di pasang sebanyak 45 unit. Di seluruh wilayah NSW gengs, sampe Desember 2019 nanti.

Ternyata banyak banget yang kena kasus ini (shutterstock.com)

Denda di NSW untuk pengemudi yang ketahuan menggunakan ponsel sebesar 344 dollar Australia. Itu sekitar Rp3,5 juta gengs! Bahkan kalo pengemudi cuma memegangnya doang.

Selain itu, pengemudi juga akan dikurangi 5 poin pada izin mengemudinya. Kalo poinnya berkurang banyak, berarti pengemudi harus bikin SIM lagi yang ribet banget ngurusnya di sana.

Kalo ketangkep, dendanya besar lho gengs~ (gigazine.net)