Pilih Mana, Sukses atau Bahagia? Ini Perbedaan Keduanya ...

Kalian pilih mana, sukses atau bahagia? Keduanya berbeda, dan inilah perbedaannya.

Kalian pilih mana, sukses atau bahagia? Sebab, ini adalah dua hal yang berbeda.

Kamu boleh pilih bahagia, tapi bisa jadi kurang sukses. Sementara kalo pilih sukses, kamu bisa aja gak bahagia. Hmm ....

Seperti dikutip dari Lifehack.org, inilah perbedaan antara sukses dan bahagia. Kalian pilih yang mana nih?

#1 Antara memenuhi tenggat waktu atau bekerja untuk tujuan kamu

Melakukan pekeraan dengan tenggat waktu tanpa perasaan nyaman saat melakukannya tuh gak enak gengs. Jadi kayak robot, kaku banget gitu.

Maka, kamu perlu melibatkan emosi atau perasaan memiliki saat melakukan suatu pekerjaan. Lakukan pekerjaan itu dengan hati, maka kamu akan menghargai setiap proses yang kamu dapatkan.

Kalo suatu hari kamu berhasil, maka itu adalah kesuksesan yang membahagiakan. Berharga banget gengs, karena itu diraih dengan jerih payahmu selama ini.

Pilih mana deh? (fitforwork.org)

#2 Antara fokus pada akumulasi kekayaan atau peningkatan kualitas hidup

Kalian tau uang gak bisa membeli segalanya kan? Nah, meski uang kalian banyak, itu belom tentu bikin kalian bahagia loh. Sebab, orang bisa jadi sengsara kalo punya banyak uang.

Mereka yang fokus pada akumulasi kekayaan tentu akan sukses mendapat banyak uang. Tapi apa mereka bahagia, ya belom tentu juga. 

Sementara kebahagiaan bisa didapat dengan peningkatan kualitas hidup. Hubungan sosial atau hubungan dengan pasangan misalnya, itu bikin bahagia loh. Sesimpel itu sebenernya.

Uang gak bisa membeli segalanya gengs~ (freepik.com)

#3 Antara menempatkan diri lebih tinggi atau dihargai oleh kawan

Sebutlah kamu mendapatkan posisi strategis di kantor. Padahal, banyak banget yang pengin berada di posisimu. Di situ, gap-nya bakal langsung keliatan. Apalagi kalo kamu langsung bersikap bossy semenjak naik jabatan.

Lebih baik nih ... kamu tetap bersikap baik sama teman-teman. Kamu juga tetap harus hormat pada mereka yang di bawah atau di atas posisimu. Gak cuma di kantor gengs, di lingkungan sekitar juga harus begitu.

Kamu bisa sukses di kantor, tapi kalo amu gak dihargai sama kawan-kawan kan gak asik juga. Nanti kalo kamu ada suatu kesulitan dan mereka gak mau bantu gimana hayo?

Jangan lupa bahagia deh gengs~ (freepik.com)

#4 Antara merasakan gelisah pas mau tidur atau bisa langsung tidur nyenyak

Ini penting nih ... kesuksesan dan kebahagiaan tuh beda dari hal sekecil ini. Ya, tepatnya antara apakah kamu merasakan kegelisahan pas mau tidur atau bisa langsung tidur nyenyak.

Poin ini keliatan simpel ya, padahal dalem banget loh. Soalnya, orang-orang yang terobsesi dengan kesuksesan mungkin nggak akan nyaman menjalani hidupnya. Soalnya pengin semua hal tuh bisa terwujud.

Tapi kalo pengin bahagia, kamu bisa menikmati semua prosesnya. Kamu gak akan dihantui perasaan ini dan itu. Kamu juga bisa tidur nyenyak setiap malam, tanpa ada perasaan gelisah.

Pengin susah tidur atau tidur nyenyak nih? (freepik.com)

#5 Antara pengorbanan atau pengembangan banyak hal dalam hidup

Orang yang pengin sukses bakal terobsesi akan suatu hal. Dan saking sibuknya, mereka lupa akan kesehatannya. Jadi, mereka akan sukses setelah mengorbankan banyak hal.

Tapi kalo segala sesuatu dilakukan dengan menghargai proses ... kesuksesan itu akan berbuah manis juga. Orang itu bisa sukses dan bahagia di waktu bersamaan. Yang penting tetap meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri.

Mending banyak berkorban atau berkembang? (freepik.com)

#6 Antara menemukan atau menjaga pasangan

Gak ada yang sempurna dalam hidup ini. Kamu gak akan menemukan orang yang punya banyak kesamaan. Apalagi mau menerima dan mencintaimu apa adanya.

Kenapa? Ya, karena kamu akan kecewa. Apalagi berharap bahagia dengannya. Sebaliknya, kamu justru akan ketemu dengan orang yang berbanding terbalik dengan kamu.

Jika kamu bisa menjaga seseorang yang berbanding dengan kamu itu, maka kamu akan bahagia gengs. Karena kebahagiaan dalam berpasangan adalah saling menopang dan melengkapi satu sama lain. 

Kalo cuma ketemu doang pasti banyak, tapi nanti bakal cepet bosan deh.

Penginnya gimana nih? Gak ada yang sempurna loh (freepik.com)

#7 Antara menyimpan atau berbagi pengetahuan

Orang yang sukses umumnya pelit untuk membagikan ilmunya kepada orang lain. Keadaan itu bakal bikin hidupnya merana deh. Karena mereka akan mengkhawatirkan orang lain yang mampu melampaui mereka.

Sebaliknya, kalo kamu membagikan pengetahuanmu kepada orang lain, maka kamu akan bahagia. Kamu berarti mau mengajarkan ilmu atau wawasan kepada orang lain. Wawasan kamu yang luas bukan buat kamu doang. Lagian juga memberi banyak manfaat daripada disimpen sendiri.

Jadi sekarang mana yang kalian pilih? Jadi sukses atau bahagia? Atau, sukses tapi bahagia juga? Pilih deh ....

Ilmu sebaiknya sih dibagikan, jangan disimpen sendiri (focusonthefamily.com)