Seorang Pemuda di China Tewas karena Tenggak Minuman Soda Setiap Hari

Seorang pemuda di China tewas. Penyebabnya, doi minum minuman soda setiap hari. Berlebihan emang gak baik gengs.

Minuman kaleng, bersoda, dingin ... seger banget tuh ya kalo diminum di cuaca panas. Seger banget kayaknya. Tapi kalian tetep harus inget, segala yang berlebihan tentu bisa berakibat buruk gengs.

Pengalaman buruk menimpa seorang laki-laki di China. Seperti dikutip dari Kompas.com, seorang laki-laki berusia 30 tahun tewas. Penyebabnya kaena dia selalu meminum minuman soda ketika haus mendera. Masalahnya ... setiap hari!

Emang nggak mesti minuman kaleng aja sih, toh minuman bersoda dalam kemasan botol plastik juga ada.

Bencana itu mulai terjadi 10 hari sebelum laki-laki yang akrab disapa Wang itu tewas di Suzhou. Wang kala itu sering merasa harus keluar masuk kamar mandi untuk buang air kecil. Dia pun sering merasa selalu kelelahan. Dia juga merasa haus terus menerus.

Dalam tempo kurang dari dua minggu, bobot tubuhya terus menyusut. Wang diketahui memiliki tinggi badan 178 sentimeter dengan berat mencapat 113 kilogram. Maka, dia bisa jadi kurus dalam konteks ... nggak sehat.

Seorang laki-laki di China tewas karena minum soda (wnycstudios.org)

Wang pun merasa badannya nggak pernah segar. Bahkan dia merasa lelah dan haus terus-terusan. Hingga pada Selasa malam,  6 Agustus 2019 lalu, Wang sungguh merasa nggak sehat. Kawannya pun segera melarikan dia ke unit gawat darurat.

Di rumah sakit, dokter pun langsung menduga Wang mengidap diabetes. Gula darah Wang pun segera diuji. Hasil yang muncul pun amat mengejutkan, Kadar gula di tubuhnya mencapai 110mmol/L. Itu berarti 20 kali dari kadar gula darah manusia normal, 5,6 mmol/L.

Dokter pun menemukan bahwa Wang menderita asidosis, yaitu kondisi cairan tubuh yang berlebihan. Termasuk gangguan kalium. Di samping itu, temannya juga mengungkap bahwa Wang memang masih muda, tapi dia menderita hipertensi.

Laki-laki itu berat badannya turun, tapi gak sehat (medicalnewstoday.com)

Dalam kondisi demikian, dokter pun mendiagnosisnya dengan Hyperosmolar Hyperglycemic State (HHS) yang merupakan komplikasi serius. Itu disebabkan oleh diabetes gengs.

Meski dokter mencoba menyelamatkan Wang, kondisinya yang kian memburuk membuat Wang tak bisa diselamatkan lagi. Wang akhirnya meninggal dunia.

Selama hidup, Wang nggak tau kalo dia menderita diabetes. Dia selalu minum minuman soda seperti halnya kita minum air putih. Begitu pula kebiasaannya makan permen atau makanan yang manis-manis.

Gula darahnya Wang di atas rata-rata, bahaya banget (shutterstock.com)

Wang minum banyak minuman bergula, bukan air putih. Secara bertahap, dia juga mengalami dehidrasi parah. Kondisi itulah yang memperburuk diabetes yang tidak terdiagnosis. Diabetes itu kemudian berubah menjadi HHS.

Sementara para dokter mengatakan, minum minuman soda atau bergula mungkin nggak berpengaruh buruk gegns. Asal minuman itu nggak dikonsumsi berlebihan aja sih.

Mulai sekarang, kontrol lagi ya minum sodanya gengs (adage.com)