Negara Mana Aja Sih yang Punya Banyak Zona Waktu?

Di dunia ini, negara mana aja sih yang punya banyak zona waktu? Indonesia kan ada tiga nih, termasuk banyak gak ya?

Jam 21.00 WIB berarti jam 22.00 WITA dan jam 23.00 WIT. Terus, kalau di negara lain jam berapa ya? Beda-beda dong, tergantung negara mana dan di mana letaknya di bumi ini.

Yak, itulah pembagian zona waktu di bumi yang pertama kali diusulkan oleh Sir Sanford Fleming. Pokoknya, doi membagi bumi ini menjadi 24 zona waktu. Alasan pembagian waktu ini didasari oleh perputaran bumi pada porosnya selama 24 jam.

Nah, akibat berbagai faktor, seperti alasan geografis, ada beberapa negara yang terbagi menjadi beberapa zona waktu. Terus, negara mana aja sih yang punya banyak zona waktu? Seperti dilansir Worldatlas.com, simak lah kuy. Biar kita tambah wawasan.

1. Prancis

Perasaan Prancis terletak di Eropa doang ya. Tapi jangan salah, Prancis punya banyak perbedaan waktu karena negara itu punya kawasan lain yang nggak terletak di Eropa. Misalnya Polinesia Prancis dan Kaledonia Baru di di Samudra Pasifik, dan masih banyak negara lainnya. 

Negara-negara itu disebut Francophonie yang tersebar di hampir seluruh wilayah di dunia. Makanya, Prancis punya 12 perbedaan waktu.

Prancis punya 12 zona waktu (reddit.com)

2. Amerika Serikat

Wilayah Amerika Serikat (AS) juga luas kan tuh. Nah, negara itu terbagi menjadi sembilan zona waktu gengs. AS juga punya dua zona waktu tambahan, tapi gak resmi.

AS kan punya dua negara bagian seperti Alaska dan Hawaii tuh. Belum lagi Samoa Amerika, Guam, dan lain sebagainya.

Amerika Serikat punya 9 zona waktu, 2 lainnya nggak resmi (joeleriksson.com)

3. Rusia

Seperti AS, Rusia juga terbagi menjadi 11 zona waktu. Persisnya zona waktu UTC+02.00 hingga UTC+12.00. 

Zona itu tersebar di sepanjang wilayah Rusia yang gede banget itu di peta. Mulai dari Kaliningrad, Moskow, Samara, Yekaterinburg, Omsk, Krasnoyarsk, Irkutsk, Vladivostok, Magadan, hingga Kamchatka.

Zona waktunya Rusia (world-time-zones.ru)

4. Antartika

Meski bukan termasuk ke dalam negara, tapi Antartika adalah salah satu wilayah di bumi yang punya banyak zona waktu. Wilayah paling selatan di bumi ini punya 10 perbedaan waktu.

Antartika punya 10 zona waktu berbeda (thecoldestjourney.org)

5. Inggris

Inggris juga mirip-miriplah sama Prancis soal perbedaan waktu. Karena punya banyak wilayah di dunia, Inggris punya sembilan zona waktu.

Inggris punya banyak zona waktu sih (independent.co.uk)

6. Australia

Negeri Kanguru ini berada di peringkat keenam dengan total enam zona waktu. Perbedaannya juga cukup unik, sekitar per setengah jam gengs.

Australia terbagi menjadi enam zona waktu (amusingplanet.com)

7. Kanada

Negara yang terletak di Amerika Utara ini punya enam zona waktu juga kayak Australia. Kawasan Newfoundland punya zona waktunya sendiri gengs.

Kalo Kanada terbagi jadi 6 zona waktu (timeanddate.com)

8. Denmark

Nah, kayak beberapa negara Eropa lainnya yang pernah punya beberapa tanah jajahan, Denmark punya beberapa perbedaan zona waktu gengs. Negara itu punya lima perbedaan waktu.

(geology.com)

9. Selandia Baru

Kayak Denmark juga nih, Negeri Kiwi ini terbagi menjadi lima perbedaan waktu. Hmm, banyak juga ya?!

(ourplnt.com)

10. Brasil

Salah satu negara sepak bola ini juga punya banyak perbedaan waktu. Brasil terbagi menjadi empat zona waktu karena wilayahnya amatlah luas di Amerika Selatan.

Zona waktu di Brasil (wikimedia.org)

11. Meksiko

Meksiko juga nih. Negara yang letaknya di selatan Amerika Serikat itu punya empat zona waktu yang berbeda. 

Zona waktu di Meksiko (filminmexico.com)

12. Indonesia

Ternyata negara kita masuk ke dalam daftar negara dengan jumlah zona waktu terbanyak di dunia. Kita punya tiga zona waktu berbeda yaitu WIB, WITA, dan WIT. Selisihnya masing-masing satu jam, kalian pasti taulah letak untuk masing-masing zona waktu di Indonesia.

Nah, itu dia negara-negara dengan zona waktu terbanyak di dunia. Antartika bukan negara emang, tapi kawasan itu punya wilayah yang luar biasa luasnya. Sementara negara kita ada di urutan terakhir dalam daftar ini.

Zona waktu di Indonesia (demokrasiindonesia.blogspot.com)