Nih Alasan Kenapa Kita Tutup Mata Saat Bersin

Apa sih alasan mata kita tertutup saat bersin? Begini jawabannya ....

Kalian pernah bersin kan? Kalo bersin, mata kita pasti tertutup deh. Ini kenapa ya?

Soal kenapa bisa begitu, karena itu adalah reaksi tubuh yang datang tiba-tiba dan tak bisa kita kendalikan.

Di balik itu, sebenernya apa sih hubungan antara bersin dan reaksi mata kita yang tertutup seketika? Mungkin gak sih kita bersin dengan mata terbuka? Para ahli punya jawabannya tentang hal ini.

Bersin berarti ada banyak kuman, bakteri, debu, partikel halus, polutan, alergen, serta material lainnya masuk ke dalam hidung kita. Saat itu pula, otak kita akan langsung bereaksi dan mengirim sinyal untuk mengusir partikel asing tersebut keluar dari tubuh.

Paru-paru kita akan terisi cukup banyak udara hingga membuat otot dada berkontraksi. Kemudian, reaksi itu dilanjutkan dengan hentakkan udara bersama material asing dari sistem pernapasan. Hentakan saat bersin punya kecepatan tinggi, persisnya 4,5 meter per detik.

Bersin tuh selalu ada ancang-ancangnya dulu deh~ (medicalnewstoday.com)

Nah, kenapa kita menutup mata saat itu?

Soal ini belum ada jawaban yang pasti, termasuk belum ada yang bisa menjelaskan penyebabnya. Para peneliti sendiri masih terus mempelajari kaitan antara hentakan ketika bersin dengan otot-otot pada kelopak mata.

Salah satu teori yang paling kuat menjelaskan, otak telah memerintah banyak otot untuk berkontraksi sekaligus. Beberapa di antaranya adalah otot pada kerongkongan dan otot spinchter bawah yang terletak di antara kerongkongan dan lambung.

Setiap orang bersin, matanya selalu tertutup (aerotek-env.com)

Inilah alasan kenapa saat bersin, perut kita bisa ikut menegang juga. Sementara otot pada kelopak mata juga ikut diperintahkan untuk berkontraksi saat bersin. Akibatnya, kita juga akan memejamkan mata ketika bersin. Hmm.

Teori lain pun menyebutkan bahwa secara refleks, kelopak mata akan melindungi mata dari objek asing yang besar kemungkinannya untuk masuk atau menyentu bola mata. Contohnya, bukankah saat seseorang mengayunkan tangannya ke wajah kita, kita secara tak sadar langsung memejamkan mata pula?

Nah, jadi itu dia yang terjadi ketika kita bersin. Kelopak mata akan terpejam demi melindungi mata dari partikel halus atau material asing yang keluar dari hidung dan mulut saat bersin.

Hal ini terjadi karena reaksi otak (rd.com)

Terus, bisa nggak sih kita bersin dengan mata terbuka?

Para ahli menjelaskan, bersin dengan mata terbuka bukanlah hal yang mustahil. Soalnya, reaksi tubuh setiap orang berbeda-beda. Kita bisa aja menahan kelopak mata ketika bersin sekuat tenaga. Tapi ... kita berisiko kelilipan kuman, bakteri, debu, atau material halus lainnya yang keluar dari hidung dan mulut.

Nah, jadi gitu ya penjelasannya. Pokoknya yang penting lemesin aja, jangan dilawan. Maksudnya, itu sistem yang bekerja dalam tubuh kita, jadi jangan kalian lawan jika tak ingin menanggung risikonya.

Ya emang merem kalo bersin, kita gak bisa melek (healthline.com)