Jenis-Jenis Sate Khas Sumatera Barat, Tambuah Ciek

Ini jenis-jenis sate khas Sumatera Barat, ternyata ada beragam dan rasanya bikin nagih.

Ngomongin tentang sate khas Sumatera Barat emang bedadeh gengs sama sate-sate yang ada di Jawa. Kuahnya itu khas, dan kerasa gurih.

Sekali gigit bikin pengen ngomong, "Tambuah ciek," alias tambah lagi. Yummmy~ Tapi ternyata ada beberapa jenis lho, apa aja? yuk kita kenali di sini.

1. Sate Danguang-danguang

Untuk mengenali jenis-jenis sate khas Sumatera Barat yang pertama adalah sate daguang-daguang yang sudah terkenal dengan dagingnya yang empuk.

Sate ini punya kuah berwarna kuning yang terbuat dari tepung beras. jeruk purut, cabe, bawang merah, ketumbar, lengkuas, beberapa rempah khusus, dan tentunya kunyit sebagai bahan utamanya kemudian diaduk dengan santan.

Dagingnya yang sudah direbus diberi bumbu yang terbuat dari jahe, bawang putih, bawah merah dan rempah-remah. Setelah itu sate ini dipotong dan ditaburi parutan kelapa. Kebayang kan gimana nendangnya di mulut?

Sate Danguang-danguang (goodindonesianfood.com)

2. Sate Pariaman

Kalau satenya orang padang Pariaman beda lagi gengs. Sudah terkenal banget dengan kuahnya yang identik berwarna kemerahan.

Kuahnya yang gurihnya kebangetan itu terbuat dari bahan dasar, tepung, cabe merah giling, kacang tanah, dan bawang goreng. 

Makanya warna kuah sate Pariaman warnanya cenderung kemerahan, karena berasal dari warna bahan-bahanya.

Gak cuma daging aja lho gengs yang bisa dijadikan olahanya. Bisa telur puyuh rebus, dan kadang juga sate daging ayam. Gimana ya rasanya, pasti enak banget~

Sate Pariaman (jadiberita.com)

3. Sate Labu

Kuah sate yang satu ini tergolong unik dan jarang gengs. Terbuat dari olahan Labu, gak kebayang deh gimana rasanya tuh?

Eits, meskipun olahan labu itu rasanya manis, tapi sate Labu ini tetep aja gak kalah pedas kok sama sate Minangkabau yang lainya. Jadi hampir tak terasa lagi rasa buah labunya.

Sebenarnya semua itu karena bumbunya yang digunakan mengurangi campuran tepung dan mencampuri labu dengan cabe giling. Lalu, dicampuri kacang tanah dan ditaburi bawang goreng. 

Kalau dagingnya tetap dong pakai daging sapi. Sate ini terkenal menyehatkan karena khasiat dari buah labu sendiri baik buat kesehatan kita.

Jadi begitulah ragam jenis sate khas Sumatera Barat yang bisa kita ketahui. Jadi gimana gengs? Kalau kalian suka yang mana nih?

Sate Labu (thiansyah.blogspot.com)