Gak Perlu Antibiotik, Perawatan Ala Rumahan Ini Bisa Bantu Mengobati Sakit Tenggorokan Karena Flu

Gak Perlu Antibiotik, Perawatan Ala Rumahan Ini Bisa Bantu Mengobati Sakit Tenggorokan Karena Flu

Kita semua pernah mengalami sakit tenggorokan apalagi kalau cuaca. Tenggorokan terasa gatal dan mungkin sakit saat menelan memang mengganggu. Lantas, apa yang dapat kamu lakukan untuk meredakan sakit tenggorokan? Dan kapan itu merupakan tanda infeksi yang lebih serius? Yuk, baca lebih lanjut artikel ini sampai akhir ya!

Mengatasi Sakit Tenggorokan Karena Virus dan Bakteri

Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus seperti flu biasa atau flu. Masalah tenggorokan ini umumnya bersifat ringan dan dapat hilang dengan sendirinya.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan karena infeksi virus, jagalah tenggorokanmu agar tetap lembab. Caranya dengan banyak minum air putih dan berkumur air garam. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan atau permen keras—atau apa pun yang merangsang produksi air liur yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan juga dapat diredakan dengan obat semprot tenggorokan dan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti asetaminofen, ibuprofen, atau aspirin, namun jangan berikan aspirin kepada anak kecil.

Hubungi dokter jika sakit tenggorokanmu parah, tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, atau disertai demam tinggi atau pembengkakan kelenjar. Gejala tersebut bisa jadi merupakan tanda adanya infeksi bakteri. Mengonsumsi antibiotik tidak akan membantu sama sekali jika sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, namun antibiotik penting untuk melawan infeksi bakteri penyebab radang tenggorokan.

Jadi, jika kamu sakit tenggorokan disertai demam hingga lebih dari 3 hari, segera periksakan ke dokter ya! Mungkin ada infeksi bakteri di tenggorokanmu.

Cara terbaik untuk melindungi diri dari kuman penyebab infeksi ini adalah dengan sering mencuci tangan. Cobalah untuk menghindari orang-orang yang menderita pilek atau infeksi menular lainnya. Dan hindari merokok dan menghirup asap rokok, yang dapat mengiritasi tenggorokan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Salam sehat selalu!

Perawatan rumahan untuk sakit tenggorokan (lybrate.com)