7 Hal yang Tak Boleh Kamu Lakukan Setelah Berolahraga!

7 Hal yang Tak Boleh Kamu Lakukan Setelah Berolahraga!

Berusaha untuk tetap bugar dengan cara olahraga rutin tentu sangat bagus. Namun, kamu juga perlu menerapkan beberapa aturan penting dalam berolahgara agar terhindar dari cedera dan hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti melakukan peregangan dan pemanasan sebelum mulai sesi olahraga.

Selain itu, ada juga hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan setelah melakukan olahraga. Berikut ini 7 hal tersebut:

1. Melewati pendinginan

Melewatkan pendinginan setelah berolahraga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba dan pengumpulan darah di ekstremitas, sehingga meningkatkan risiko pusing atau pingsan. Pendinginan yang tepat membantu menurunkan denyut nadimu secara bertahap, mencegah kekakuan, dan meningkatkan fleksibilitas.

2. Mengabaikan hidrasi

Dehidrasi dapat terjadi selama latihan yang intens karena banyaknya keringat. Kamu mungkin mengalami kelelahan, pusing, dan penurunan kinerja tanpa rehidrasi yang tepat. Mengisi kembali cairan sangat penting setelah sesi olahraga yang ketat.

3. Tidak makan setelah berolahraga

Setelah berolahraga, tubuhmu membutuhkan nutrisi untuk memperbaiki dirinya sendiri. Mengonsumsi makanan seimbang yang terdiri dari protein, lemak sehat, dan karbohidrat (dan menghindari makanan manis, lemak jenuh, gorengan, dan lemak trans) dalam beberapa jam setelah sesi olahraga dapat membantu pemulihan tubuh dengan mendukung sintesis protein otot dan pemulihan glikogen.

4. Mengabaikan peregangan

Peregangan membantu meningkatkan kelenturan, mengurangi ketegangan otot, dan mencegah kekakuan setelah kamu bekerja keras. Berfokus pada kelompok otot utama dan melakukan peregangan secara memadai setelah berolahraga sangatlah penting.

5. Menunda mandi

Minum setelah olahraga (baliroyalhospital.co.id)

Menunda mandi setelah berkeringat dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri pada kulit sehingga berpotensi menyebabkan iritasi kulit, jerawat, atau infeksi. Mandi segera membantu menjaga kebersihan dan mencegah masalah kulit.

6. Memakai pakaian yang tidak menyerap keringat

Mengenakan pakaian kebugaran yang lembab menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri dan jamur, sehingga meningkatkan risiko iritasi kulit dan bau tidak sedap. Mengganti pakaian yang kering dan bersih meningkatkan kesehatan kulit dan kenyamanan secara keseluruhan.

7. Menkonsumsi kafein secara berlebihan

Meskipun asupan kafein dalam jumlah sedang dapat bermanfaat bagi kinerja tubuh saat berolahraga, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, gangguan tidur, dan peningkatan denyut jantung. Seimbangkan asupan kafein Anda untuk hasil terbaik setelah berolahraga.

Jangan menunda mandi setelah olahraga (ivoox.id)