7 Tips Mencerahkan Warna Bibir yang Gelap, Alami dan Terbukti Ampuh!

7 Tips Mencerahkan Warna Bibir yang Gelap, Alami dan Terbukti Ampuh!

Seiring waktu, bibir bisa menjadi lebih gelap akibat hal-hal seperti merokok,kafein, dan paparan sinar matahari. Tapi kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara alami yang mudah dilakukan untuk membantu mencerahkan bibir. Nah kalau kamu penasaran, baca terus artikel ini sampai akhir untuk tahu apa saja tips mencerahkan bibir secara alami!

Penyebab Bibir Gelap

Bibir yang menggelap bisa jadi disebabkan oleh hiperpigmentasi. Ini adalah kondisi yang biasanya tidak berbahaya yang disebabkan oleh kelebihan melanin. Hiperpigmentasi bibir mungkin disebabkan oleh:

1. Paparan sinar matahari berlebihan

2. Kekurangan hidrasi

3. Merokok

4. Reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstik, dll.

5. Terlalu banyak kafein

6. Suka menghisap bibir

Tips Mencerahkan Warna Bibir

Mengobati hiperpigmentasi memang bisa dilakukan di salon-salon kecantikan atau menggunakan kosmetik tertentu. Tapi, selain harganya mahal, tentu cara yang tidak alami bisa menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan. Jadi, yuk cobain cara alami berikut ini:

1. Jeruk nipis

Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan bahwa kulit buah jeruk dapat bertindak sebagai penghambat melanin. Setiap malam sebelum tidur, potong lemon dan usapkan dengan lembut bagian yang berair ke bibir. Keesokan paginya, bilas bibir dengan air dingin. Ulangi rutinitas ini setiap malam sampai kamu melihat hasilnya. Cara ini mungkin memakan waktu 30 hari.

2. Lemon dan gula

Potong irisan lemon dan celupkan ke dalam gula. Gosok bibir dengan lemon bergula. Setelah beberapa jam, bilas bibir dengan air hangat.

3. Lidah buaya

Masker gula dan lemon (wowkeren.com)

Sebuah penelitian sebelumnya menunjukkan senyawa dalam lidah buaya menghambat produksi melanin. Sekali setiap hari, oleskan lapisan tipis gel lidah buaya segar ke bibir. Setelah kering, bilas dengan air hangat.

4. Minyak zaitun. 

Sebelum tidur, kamu bisa memijatkan beberapa tetes minyak zaitun ke bibir.

5. Jus mentimun. 

Blender setengah mentimun. Dinginkan jus di lemari es. Setelah jus mendingin, celupkan bola kapas ke dalamnya dan gunakan bola kapas tersebut untuk mengoleskan jus dengan lembut ke bibirmu. Biarkan jus mentimun di bibir selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

6. Stroberi. 

Buat pasta dengan mencampurkan lima buah stroberi berukuran sedang yang dihancurkan dan 2 sendok teh soda kue. Oleskan pasta ini dengan lembut ke bibir sebelum tidur, lalu bilas dengan air dingin keesokan paginya.

7. Gula. 

Campurkan 3 sendok teh gula dan 2 sendok teh minyak zaitun. Tiga kali seminggu, pijat campuran ini ke bibir selama tiga hingga empat menit. 

Itu tadi 7 cara alami mencerahkan warna bibir yang gelap. Semoga berhasil ya, selamat mencoba!

Mengoleskan lidah buaya untuk mencerahkan bibir (dream.co.id)