6 Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga, Emang Bisa?

6 Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga, Emang Bisa?

Membakar lebih banyak kalori dapat membantumu menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Berolahraga dan mengonsumsi makanan yang tepat adalah dua cara efektif untuk melakukan hal ini, namun kamu juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar dengan cara yang lebih tidak biasa. Berikut 6 cara unik untuk membakar kalori tanpa olahraga:

1. Terpapar suhu dingin

Paparan suhu dingin dapat membantu meningkatkan laju metabolisme dengan merangsang aktivitas lemak coklat di tubuhmu. Meskipun simpanan lemak sebagian besar terdiri dari lemak putih, mereka juga mengandung sejumlah kecil lemak coklat. Kedua jenis lemak tubuh ini memiliki fungsi yang berbeda.

2. Minumlah air dingin

Air adalah minuman terbaik untuk menghilangkan dahaga dan tetap terhidrasi. Minum air juga terbukti meningkatkan metabolisme sementara pada orang dewasa dan anak-anak yang normal dan kelebihan berat badan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kamu mungkin dapat memaksimalkan efek ini dengan meminum air dingin.

3. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori saat ngemil. Beberapa bukti menunjukkan bahwa ini juga dapat membantu mempercepat metabolisme.

Dalam sebuah penelitian kecil, pria dengan berat badan normal mengonsumsi makanan dalam empat kesempatan terpisah. Mereka membakar lebih banyak kalori secara signifikan setelah makan setelah mengunyah permen karet.

4. Donor darah

Pengambilan darah akan meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar, setidaknya untuk sementara. Saat kamu mendonorkan darah, tubuh akan menggunakan energi untuk mensintesis protein baru, sel darah merah, dan komponen darah lainnya untuk menggantikan energi yang hilang.

Tentu saja, mendonor darah bukanlah hal yang bisa dilakukan setiap hari. Secara umum, kamu perlu menunggu setidaknya delapan minggu antara pengambilan darah untuk mengisi kembali suplai darahmu.

5. Bergerak kecil

Minum air dingin bisa meningkatkan metabolisme (sajiansedap.grid.id)

Berolahraga membakar kalori dan membantu Anda tetap bugar. Namun, bentuk aktivitas fisik yang lebih halus juga dapat meningkatkan laju metabolisme. Konsep ini dikenal dengan istilah non-exercise Activity Thermogenesis (NEAT), yang mencakup gerakan-gerakan kecil.

Gerakan bagian tubuh yang gelisah, seperti berulang kali memantulkan kaki, mengetukkan jari ke meja, dan memainkan cincin bisa kamu coba sembari bekerja atau duduk nonton sesuatu.

6. Sering tertawa

Tertawa adalah obat terbaik. Memang benar, penelitian telah mengkonfirmasi bahwa tertawa dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan mental dan fisik, termasuk memori, kekebalan, dan fungsi arteri. Terlebih lagi, tertawa juga membakar kalori.

Itu tadi 6 cara membakar kalori tanpa harus olahraga atau angkat beban. Cocok untuk kamu kaum mager! Hehehe, ayo dicoba!

Tertawa memiliki banyak manfaat salah satunya membakar kalori (kompas.com)