Mengenal Apa Itu Kontrasepsi Vasektomi yang Bisa Dilakukan Pria Sekali Saja Seumur Hidup

Mengenal Apa Itu Kontrasepsi Vasektomi yang Bisa Dilakukan Pria Sekali Saja Seumur Hidup

Vasektomi adalah salah satu bentuk kontrasepsi pria dengan cara memotong dan menutup saluran yang membawa sperma. Vasektomi memiliki risiko masalah yang rendah dan biasanya dapat dilakukan pada pasien rawat jalan dengan anestesi lokal.

Sebelum menjalani vasektomi, kamu perlu yakin bahwa kamu sudah tidak ingin menjadi ayah biologis di kemudian hari. Meskipun pembalikan vasektomi mungkin dilakukan, vasektomi harus dianggap sebagai bentuk kontrasepsi pria yang permanen. Meski begitu, vasektomi tidak memberikan perlindungan terhadap infeksi menular seksual.  

Mengapa Sebaiknya Para Pria Mempertimbangkan Vasektomi?

Vasektomi adalah pilihan alat kontrasepsi yang aman dan efektif bagi pria yang yakin tidak ingin menjadi ayah di masa depan. Berikut ini beberapa alasan kenapa pria sebaiknya melakukan vasektomi:

1. Vasektomi hampir 100 persen efektif mencegah kehamilan.

2. Vasektomi merupakan operasi rawat jalan dengan risiko komplikasi atau efek samping yang rendah.

3. Biaya vasektomi jauh lebih murah dibandingkan biaya sterilisasi wanita (ligasi tuba) atau biaya pengobatan kontrasepsi jangka panjang bagi wanita.

4. Vasektomi berarti pria tidak perlu melakukan tindakan pengendalian kelahiran sebelum berhubungan seks, seperti memakai kondom.

Yang perlu diingat, meskipun vasektomi mungkin bisa dibatalkan, tidak ada jaminan hal itu akan berhasil. Operasi pembalikan lebih rumit daripada vasektomi, mahal, dan tidak efektif dalam beberapa kasus.

Contoh seorang pria yang sedang menjalani operasi vasektomi (dp3appkb.bantulkab.go.id)