Manfaat Power Nap atau Tidur Siang Kilat untuk Tubuhmu, Ternyata Oke Banget Loh!

Manfaat Power Nap atau Tidur Siang Kilat untuk Tubuhmu, Ternyata Oke Banget Loh!

Tidur siang adalah cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan rasa lebih waspada. Meskipun tidur siang terlalu lama dapat membuat orang merasa linglung atau pening, namun power nap yang dilakukan pada waktu yang tepat dapat secara efektif menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan fokus hingga beberapa jam.

Power nap dapat menjadi alat yang ampuh bagi siapa saja yang mengalami kurang tidur, termasuk orang yang bekerja pada shift malam, pelancong yang melintasi zona waktu, pelajar, dan siapa saja yang kesulitan mendapatkan tidur yang cukup.

Agar power nap bisa efektif, perlu diatur waktunya agar seseorang terbangun ketika mereka berada di tahap awal tidur yang lebih ringan. Penelitian menunjukkan bahwa power nap selama 10 hingga 30 menit menyegarkan dan dapat membuat seseorang merasa lebih terjaga. Khususnya tidur siang kurang dari 20 menit.

Hal ini membantu meminimalkan pengalaman yang disebut inersia tidur, yaitu perasaan linglung dan lesu yang biasa dialami setelah bangun dari tidur siang yang panjang.

Manfaat Power Nap

Meski kelihatannya sederhana, power nap ternyata punya cukup banyak manfaat, antara lain:

1. Mengurangi kelelahan

2. Peningkatan kewaspadaan dan perhatian

3. Peningkatan kinerja dan keselamatan bagi pekerja shift

4. Memori yang lebih baik

5. Peningkatan kesehatan jantung

6. Meningkatkan suasana hati

Cara Melakukan Power Nap

Power nap di kantor (huffpost.com)

Untuk melakukan power nap, luangkan waktu 15 hingga 30 menit dan setel alarm di jam tangan atau ponselmu untuk memastikan kamu tidak tidur berlebihan. Persiapkan suasana untuk tidur yang tidak terganggu:

1. Pastikan ruangannya sejuk

2. Letakkan perangkat elektronik dalam mode senyap dan matikan notifikasi

3. Berbaringlah di tempat tidur, kasur, atau dipan. Jika kamu di kantor, tidur sebentar di kursi pun tak masalah.

4. Matikan atau tutupi cahaya yang berasal dari perangkat seperti jam atau komputer.

5. Pasang penutup telinga

Setelah melakukan power nap, ada baiknya kamu keluar rumah di bawah sinar matahari, memaparkan dirimu pada cahaya terang, atau memercikkan air ke wajah jika kamu merasa pening. Secangkir kopi berkafein juga dapat membantu menghilangkan inersia tidur, namun hindari kafein dalam waktu delapan jam sebelum tidur. Nah, itu tadi manfaat power nap dan cara melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Cara melakukan power nap (rest.works)