Perbedaan Vitamin B12 dan B Complex, Serta Fungsinya untuk Tubuh

Perbedaan Vitamin B12 dan B Complex, Serta Fungsinya untuk Tubuh

Vitamin B merupakan vitamin yang larut dalam air yang berperan penting dalam metabolisme sel dan sintesis sel darah merah.

Vitamin B adalah bahan pembangun tubuh yang sehat. Vitamin B berkontribusi pada tingkat energi, fungsi otak, dan metabolisme sel tubuhmu.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kelelahan, nafsu makan buruk, depresi, dan mati rasa/kesemutan di tangan dan/atau kaki. Seiring waktu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf. Kondisi ini tidak boleh disepelekan dan harus segera ditangani oleh dokter.

# Apa Perbedaan Antara Vitamin B12 dan B Kompleks?

Perbedaan Vitamin B12 dan B Kompleks adalah Vitamin B12 hanyalah salah satu dari delapan vitamin B pembentuk B kompleks.

Bersama-sama, rangkaian 8 vitamin B yang membentuk B kompleks disajikan dalam keseimbangan optimal untuk memenuhi jumlah harian yang direkomendasikan.

Semua vitamin B larut dalam air dan tidak dapat disimpan oleh tubuh. Kabar baiknya adalah kamu tidak akan'overdosis' vitamin B karena tubuhmu akan mengeluarkan vitamin B yang tidak kamu perlukan atau gunakan. Oleh karena itu, diperbolehkan mengonsumsi multivitamin lain dengan Vitamin B12 dan vitamin B Kompleks. 

Vitamin B (health.detik.com)

# Vitamin Apa yang Ada di B Kompleks?

Vitamin B Kompleks kadang-kadang disebut sebagai B100, terdiri dari 8 vitamin yang membentuk apa yang disebut 'Vitamin B Kompleks' dan bersama-sama memenuhi berbagai proses metabolisme dan memastikan kita berada dalam kondisi kesehatan prima.

Dalam vitamin B kompleks terdiri dari:

1. Vitamin B1 atau tiamin

2. Vitamin B2 atau riboflavin

3. Vitamin B3 atau niasin atau asam nikotinat

4. Vitamin B5 atau asam pantotenat

5. Vitamin B6 atau piridoksin, piridoksal atau piridoksamin

6. Vitamin B7 atau biotin

7. Vitamin B9 atau asam folat

8. Vitamin B12 atau cobalamin seperti sianokobalamin atau metil-cobalamin

Meskipun semua vitamin Vitamin B100 Kompleks secara kimiawi berbeda, beberapa vitamin dapat ditemukan bersamaan dalam sumber makanan seperti telur, beras coklat, jeruk, alpukat, daging, ikan, hati, dan masih banyak lagi.

Makanan yang mengandung vitamin B (siloamhospitals.com)