4 Bagian Pesawat yang Nggak Boleh Didekati Penumpang, Jangan Coba-Coba!

Pesawat merupakan salah satu transportasi umum yang banyak diminati. Namun, kamu perlu tahu ada beberapa bagian pesawat yang nggak boleh didekati penumpang.

Pesawat merupakan salah satu transportasi umum yang banyak diminati karena lebih cepat dibanding transportasi  lainnya. Namun, kamu perlu tahu ada beberapa bagian pesawat yang nggak boleh didekati penumpang.

Larangan tersebut diberlakukan bukan hanya soal privasi, tetapi juga ada sejumlah faktor risiko yang harus dipertimbangkan. Lantas, bagian mana saja di dalam pesawat yang nggak boleh didekati penumpang?

1. Ruang Kokpit

Bagian pertama di dalam pesawat yang nggak boleh didekati penumpang adalah ruang kokpit. Bagian ini merupakan ruangan khusus yang digunakan pilot untuk mengendalikan pesawat terbang.

Di dalam ruang kokpit terdapat berbagai bagian yang jika tidak sengaja ditekan oleh penumpang maka bisa membahayakan penerbangan. Bagian tersebut antara lain flight instrument dan flight control.

2. Dapur Pesawat

Bagian Pesawat (via Kompas.com)

Dapur pesawat atau biasa disebut dengan galley merupakan tempat para pramugari menyiapkan makanan dan minuman untuk penumpang pesawat. Karena itu, penumpang tidak boleh masuk ke ruangan ini untuk menjamin keamanan makanan dan minuman yang disediakan tetap higienis serta aman.

3. Pintu Darurat

Bagian Pesawat (via iStock)

Kalau bagian yang satu ini wajib banget dihindari oleh penumpang. Sebab membuka pintu darurat atau emergency exit adalah tindakan berbahaya dan fatal akibatnya. Jika pintu emergency dibuka saat pesawat dalam keadaan terbang bisa berakibat pada hancurnya pesawat. Tentu saja bisa mengancam jiwa para penumpang yang ada di dalamnya.

4. Mesin Pesawat

Bagian Pesawat (via kumparan)

Mesin pesawat bekerja dengan pembakaran dan penghidup udara yang sering digunakan dalam pesawat. Makanya, sangat berbahaya jika penumpang mendekati mesin tersebut. Jadi jangan coba-coba, ya!

Itulah tadi beberapa bagian pesawat yang boleh didekati penumpang. Kalau kamu naik pesawat, janga coba-coba dekati bagian-bagian yang disebutkan tadi ya. Tetap waspada dan atuhi peraturan serta arahan dari para kru penerbangan.

Bagian Pesawat (via Quora)